dc.description.abstract |
Mimiti Coffee Shop merupakan salah satu coffee shop yang ada di Kota
Bandung. Café ini berada di Jl. Sumur Bandung No. 14 dan sudah berdiri selama 2
tahun. Mimiti Coffee Shop menawarkan produk kopi dan makanan kecil untuk
menemani pengunjung yang sedang menikmati kopi. Mimiti Coffee Shop memiliki
masalah yaitu sepinya konsumen yang datang dan niat beli ulang konsumen yang
rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
keupuasan atas product, price, place, dan physical evidence terhadap niat beli ulang di
Mimiti Coffee Shop.
Bauran pemasaran Zeithaml & Bitner (2000:18) adalah elemen-elemen
organisasi (perusahaan) yang dapat dikontrol oleh perusahaan dalam komunikasinya
dengan konsumen dan akan dipakai untuk memuaskan konsumen, yang terdiri dari
product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Menurut
Zeithaml & Bitner (2000:75) definisi kepuasan adalah respon atau tanggapan konsumen
mengenai pemenuhan kebutuhan. Kepuasan merupakan penilaian mengenai ciri atau
keistimewaan produk atau jasa yang menyediakan tingkat kesenangan konsumen
berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan konsumsi konsumen. Kepuasan tersebut dapat
mempengaruhi niat beli ulang. Indikator-indikator niat beli ulang. Panthura (2011),
mengemukakan bahwa ada 4 indikator untuk mengukur niat beli ulang, yaitu:
willingness to buy, trend to repurchase, more repurchase, dan repurchase the same
type of product.
Berdasarkan tujuannya, penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian
eksplanatori. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah mengunjungi
Mimiti Coffee Shop lebih dari satu kali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Ukuran sampel
dalam penelitian ini berjumlah 110 orang dan teknik sampling menggunakan purposive
sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier
berganda.
Bedasarkan hasil pengolahan data, diperoleh hasil kepuasan atas product
sebesar (0,378), price sebesar (0,091), place sebesar (0,222), dan physical evidence
sebesar (0,017). Secara bersama-sama, pengaruh keupuasan atas product, price, place,
dan physical evidence terhadap niat beli ulang di Mimiti Coffee Shop sebesar 40,3%.
Secara parsial, yang memberikan pengaruh signifikan terhadap niat beli ulang adalah
kepuasan atas product dan place memberikan pengaruh signifikan terhadap niat beli
ulang ke Mimiti Coffee Shop sebesar 40,9%, dengan pengaruh dari product sebesar
0,378 dan dari place sebesar 0,222. Kepuasan atas price dan kepuasan atas physical
evidence tidak memberikan pengaruh signifikan. |
en_US |