Abstract:
Tepung tapioka merupakan salah satu bahan baku yang digunakan oleh banyak perusahaan terutama dalam industri makanan. Tepung tapioka ini kegunaannya sebagai
pengembang dan membuat makanan semakin renyah ketika dikonsumsi. PT. Mitra
Alvastar Buana merupakan salah satu perusahaan yang melakukan diferensiasi produk
tepung tapioka agar keinginan konsumen bisa terpenuhi. Namun sayangnya diferensiasi
tepung tapioka yang dihasilkan terkadang terlalu lengket dan kental. Selain itu dengan harga yang ditawarkan terlalu mahal juga mengurangi minat beli perusahaan kecil. Salah satu cara untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen akan diferensiasi tepung tapioka dan harga beserta minat belinya adalah dengan meneliti faktor-faktor yang ada didalam marketing mix oleh Kotler dan Armstrong (2012). Hasil preliminary research kepada 4 perusahaan kecil yang sudah pernah menggunakan tepung tapioka diferensiasi dari PT. Mitra Alvastar Buana menunjukkan bahwa faktor-faktor penting didalam Diferensiasi Produk adalah bentuk,mutu kinerja, dan mutu kualitas; Harga (Price) yang terdiri dari Keterjangkauan Harga dan Harga sesuai kemampuan atau daya saing harga; serta Minat Beli yang terdiri dari Minat transaksional dan Minat preferensial.
Penelitian ini merupakan Applied Research yang bertujuan untuk menerapkan hasil yang didapatkan guna untuk memecahkan masalah-masalah khusus yang saat ini sedang dialami oleh PT. Mitra Alvastar Buana dengan menggunakan variable X yang terdiri dari Diferensiasi Produk (X1), Harga (X2), dan Minat Beli (Y).
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: Observasi, Wawancara,
dan Studi Kepustakaan / Literature Survey. Data yang sudah dikumpukan kemudian akan
dianalisis secara kualitatif kemudian diinterpretasikan melalui tabel.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu: (1) Setiap perusahaan pasti menginginkan untuk melakukan suatu terobosan terbaru agar produk yang mereka hasilkan bisa masuk ke pangsa pasar dan dapat bersaing dengan produk dari kompetitor lainnya. (2) Penggunaan tepung tapioka
diferensiasi yang sudah menjadi instant membuat proses produksi hanya membutuhkan
sedikit saja dalam pencampurannya juga membantu menghemat penggunaan bahan baku.
(3) Banyak faktor-faktor yang bisa mempengaruhi harga yang ditawarkan oleh PT. Mitra
Alvastar Buana kepada konsumennya. (4) Harga yang mahal harus menjadi pertimbangan
dari PT. Mitra Alvastar Buana jika ingin menarik minat beli dari perusahaan kecil.
Saran bagi PT. Mitra Alvastar Buana adalah : (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi diferensiasi produk, harga, dan minat beli dari tepung tapioka diferensiasi
ini harus selalu diperhatikan agar keinginan konsumen dapat terpenuhi terumata
perusahaan kecil. (2) Bagi penelitian selanjutnya yang memiliki topik yang sama, dapat dilakukan penelitian dengan lebih mendalam lagi, penelitian dengan luang lingkup yang lebih besar lagi, serta eksperiment dengan menerapkan faktor-faktor yang dianggap penting bagi konsumen dalam mempengaruhi minat beli mereka sehingga dapat diketahui perbedaan sebelum dan sesudah eksperiment dilakukan.