Hubungan Self Esteem dan Positive Word of Mouth terhadap niat unduh konsumen : studi pada aplikasi Kencan Online OKCupid

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Mayorga, Yosef Giovanni Deniel
dc.date.accessioned 2019-05-28T02:29:54Z
dc.date.available 2019-05-28T02:29:54Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp37396
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8066
dc.description 23432 - FE en_US
dc.description.abstract Di era modern dan teknologi yang semakin canggih saat ini, banyak pihak yang memanfaatkan kebutuhan manusia akan pencarian jodoh sebagai suatu peluang bisnis, salah satunya adalah dengan aplikasi kencan online. Dalam preliminary research yang dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil bahwa sebagian besar responden tidak ingin mengunduh aplikasi kencan online dengan alasan merasa gengsi dan harga dirinya turun ketika memainkan aplikasi tersebut. Sedangkan untuk responden yang memainkannya, mengatakan bahwa alasannya adalah berawal dari rekomendasi teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self esteem dan positive word of mouth terhadap niat unduh aplikasi kencan online khususnya aplikasi OKCupid. Variabel bebas yang digunakan yaitu self esteem. Variabel terkait yang digunakan yaitu niat unduh. Positive word of mouth adalah variabel kontrol yang dijadikan sebagai treatment. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre eksperimen one group pretest posttest. Kuesioner disebarkan ke 140 responden dengan metode purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan berupa analisis deskriptif, korelasi Pearson Product Moment, dan Uji Paired T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self esteem berhubungan secara negatif terhadap niat unduh aplikasi kencan online. Untuk hasil perbandingan pretest dan posttest menunjukkan bahwa positive word of mouth dapat mengubah hasil niat unduh aplikasi kencan online (OKCupid) dengan hubungan yang positif. Hasil uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai kedua variabel berkorelasi negatif dengan tingkat hubungan korelasinya kuat sebesar -0,655. Hasil uji Paired T Test menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan nilai korelasi 0,592 yang artinya bahwa kedua hasil (pretest dan posttest) tersebut memiliki hubungan yang positif. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject self esteem en_US
dc.subject positive word of mouth en_US
dc.subject niat unduh en_US
dc.subject aplikasi kencan online OKCupid en_US
dc.title Hubungan Self Esteem dan Positive Word of Mouth terhadap niat unduh konsumen : studi pada aplikasi Kencan Online OKCupid en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015120109
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account