Usulan peningkatan loyalitas siswa kelas musik berdasarkan dimensi kepuasan, kualitas jasa, dan reputasi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Christianto, Willy
dc.date.accessioned 2019-05-07T02:16:25Z
dc.date.available 2019-05-07T02:16:25Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36807
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7916
dc.description 4792 - FTI en_US
dc.description.abstract Kelas Musik adalah salah satu tempat les musik yang berada pada Kota Bandung. Untuk menjalankan proses bisnis, Kelas Musik harus memastikan bahwa murid-muridnya terus mengikuti les. Masalah yang timbul pada Kelas Musik adalah terjadi peningkatan rasio keluar per masuk anak didik dari tahun 2016 ke tahun 2017. Oleh karena itu, skripsi ini dibuat untuk membantu Kelas Musik dalam mengatasi permasalahan terkait dengan loyalitas anak didik pada Kelas Musik. Dalam kaitannya untuk meningkatkan loyalitas anak didik pada Kelas Musik, dilakukan terlebih dahulu studi pendahuluan untuk mencari tahu model yang mempengaruhi loyalitas. Setelah model dicari, didapatkan model yang dapat digunakan dengan berisikan empat dimensi diantaranya adalah kepuasan murid, corporate image, kualitas jasa, dan loyalitas. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan kuesioner disebarkan pada mantan anak didik Kelas Musik. Dari hasil pengolahan data dengan PLS-SEM, didapatkan bahwa dimensi yang mempegaruhi secara langsung loyalitas dari anak didik Kelas Musik diantaranya adalah kepuasan murid dan corporate image. Sedangkan dimensi kualitas jasa mempengaruhi loyalitas secara tidak langsung. Setelah hasil temuan didapatkan, analisis dilakukan terhadap hasil temuan dan didapatkan lima buah usulan perbaikan berdasarkan hasil analisis. Empat usulan berdasarkan dimensi kepuasan murid adalah pembuatan online chat support, optimalisasi youtube channel Kelas Musik, optimalisasi online course yang dimiliki Kelas Musik, dan penentuan prioritas ruangan kelas yang digunakan. Satu usulan berdasarkan dimensi corporate image yaitu menambahkan fitur online reminder kepada anak didik Kelas Musik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan peningkatan loyalitas siswa kelas musik berdasarkan dimensi kepuasan, kualitas jasa, dan reputasi en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610009
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417057401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account