Abstract:
Kelas Musik adalah salah satu tempat les musik yang berada pada Kota Bandung. Untuk menjalankan proses bisnis, Kelas Musik harus memastikan bahwa murid-muridnya terus mengikuti les. Masalah yang timbul pada Kelas Musik adalah terjadi peningkatan rasio keluar per masuk anak didik dari tahun 2016 ke tahun 2017. Oleh karena itu, skripsi ini dibuat untuk membantu Kelas Musik dalam mengatasi permasalahan terkait dengan loyalitas anak didik pada Kelas Musik.
Dalam kaitannya untuk meningkatkan loyalitas anak didik pada Kelas Musik, dilakukan terlebih dahulu studi pendahuluan untuk mencari tahu model yang mempengaruhi loyalitas. Setelah model dicari, didapatkan model yang dapat digunakan dengan berisikan empat dimensi diantaranya adalah kepuasan murid, corporate image, kualitas jasa, dan loyalitas. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan kuesioner disebarkan pada mantan anak didik Kelas Musik. Dari hasil pengolahan data dengan PLS-SEM, didapatkan bahwa dimensi yang mempegaruhi secara langsung loyalitas dari anak didik Kelas Musik diantaranya adalah kepuasan murid dan corporate image. Sedangkan dimensi kualitas jasa mempengaruhi loyalitas secara tidak langsung.
Setelah hasil temuan didapatkan, analisis dilakukan terhadap hasil temuan dan didapatkan lima buah usulan perbaikan berdasarkan hasil analisis. Empat usulan berdasarkan dimensi kepuasan murid adalah pembuatan online chat support, optimalisasi youtube channel Kelas Musik, optimalisasi online course yang dimiliki Kelas Musik, dan penentuan prioritas ruangan kelas yang digunakan. Satu usulan berdasarkan dimensi corporate image yaitu menambahkan fitur online reminder kepada anak didik Kelas Musik.