Pemeriksaan operasional terhadap fungsi produksi dalam upaya mengurangi keterlambatan penyelesaian pesanan : studi kasus pada Pt. Almasindo

Show simple item record

dc.contributor.advisor Djadjadikerta, Hamfri
dc.contributor.author Permana, Jessica Wiguna
dc.date.accessioned 2019-04-29T08:35:07Z
dc.date.available 2019-04-29T08:35:07Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp37509
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7890
dc.description 23545 - FE en_US
dc.description.abstract Revolusi industri dan melonjaknya globalisasi, menyebabkan perusahaan harus bersaing dan beradaptasi terhadap berbagai perubahan. Perusahaan perlu melakukan inovasi dan memanfaatkan teknologi untuk dapat bersaing dan mencapai tujuan, seperti laba dan keberlangsungan usaha. Selain itu, dibutuhkan proses operasional yang efektif dan efisien. Perusahaan manufaktur perlu mempersiapkan proses produksi dengan baik sehingga produk yang dihasilkan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dalam kualitas, kuantitas dan waktu yang tepat. Namun, produksi dapat berjalan tidak efektif dan efisien sehingga menimbulkan masalah seperti keterlambatan penyelesaian pesanan. Keterlambatan penyelesaian pesanan akan merugikan perusahaan karena adanya biaya tambahan, seperti biaya lembur pegawai, biaya pengiriman, biaya penyimpanan, dan lainlain. Karena pentingnya kegiatan produksi dalam suatu perusahaan, maka perusahaan harus selalu memperhatikan kegiatan produksi dengan pemeriksaan operasional secara berkala untuk membantu perusahaan mencapai tujuan, menganalisis penyebab permasalahan, dan dapat diberikan solusi perbaikan yang tepat untuk mengurangi permasalahan tersebut serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi fungsi produksi. Pemeriksaan operasional merupakan proses penilaian dan evaluasi terhadap berbagai prosedur, metode, dan kegiatan operasional suatu perusahaan untuk ditinjau apakah telah berjalan secara efektif, efisien, serta ekonomis dan dapat dilakukan dengan menggunakan teknik identifikasi penyebab, seperti cause-and-effect diagram. Oleh karena itu, pemeriksaan operasional diperlukan untuk meyakinkan bahwa fungsi-fungsi dalam perusahaan telah berlangsung secara efektif dan efisien serta menyelesaikan permasalahan keterlambatan penyelesaian pesanan dan diharapkan dapat tersampaikan rekomendasi-rekomendasi yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi fungsi produksi. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah descriptive study. Sumber data yang dipergunakan adalah data primer (primary data) yang berupa hasil wawancara dan observasi serta data sekunder (secondary data) yang berupa dokumendokumen terkait dengan produksi. Data tersebut didapatkan dengan studi lapangan dan studi literatur. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah PT Almasindo yang bergerak di bidang industri manufaktur peralatan dapur. Setelah dilakukan pemeriksaan operasional, didapatkan area permasalahan (critical problem) pada fungsi produksi PT Almasindo yaitu permasalahan keterlambatan penyelesaian pesanan yang didapatkan dari wawancara, observasi, dan analisis data. Dampak kerugian yang dirasakan perusahaan akibat permasalahan keterlambatan penyelesaian pesanan berupa dampak finansial selama 6 bulan setelah dikumulatifkan dari berbagai biaya yaitu sebesar Rp104.506.568. Faktor-faktor penyebab permasalahan dapat disebabkan oleh manusia, mesin, metode, material, dan lingkungan. Dari lima faktor tersebut, faktor manusia merupakan penyebab utama keterlambatan penyelesaian pesanan. Rekomendasi yang diberikan peneliti terkait permasalahan tersebut antara lain, sebagai berikut: perusahaan dapat menerapkan sistem reward dan punishment serta mengadakan acara bersama untuk karyawan, kemudian perusahaan dapat bekerja sama dengan pemasok dalam negeri dengan proses seleksi serta menyediakan persediaan, kemudian peningkatan pengendalian kualitas, metode-metode, dan perencanaan yang lebih baik. Perusahaan dapat meningkatkan pengendalian internal serta memperhatikan faktor lingkungan seperti udara dan kelembaban. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject pemeriksaan operasional, fungsi produksi, keterlambatan penyelesaian pesana en_US
dc.title Pemeriksaan operasional terhadap fungsi produksi dalam upaya mengurangi keterlambatan penyelesaian pesanan : studi kasus pada Pt. Almasindo en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015130141
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408036001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account