Pengaruh kualitas pelayanan perpajakan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Bandung Bojonagara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Suryaputra, Verawati
dc.contributor.advisor Rahayu, Puji Astuti
dc.contributor.author Susanto, Olivia Wynona
dc.date.accessioned 2019-04-29T03:00:01Z
dc.date.available 2019-04-29T03:00:01Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp37496
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7877
dc.description 23532 - FE en_US
dc.description.abstract Pajak merupakan sumber penerimaan utama negara dan memiliki peran penting untuk membiayai program pemerintah dan pembangunan. Pemerintah melakukan berbagai upaya guna meningkatkan penerimaan pajak. Salah satunya dengan melakukan reformasi sistem pemungutan pajak. Self assessment system yang diterapkan dalam sistem pemungutan pajak di Indonesia menuntut adanya peran serta aktif dari masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Namun berdasarkan data statistik tahun 2017 menunjukkan bahwa rasio kepatuhan wajib pajak badan sebesar 72,8%, sedangkan target rasio yang telah ditentukan sebesar 75%, terdiri dari persentase tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan PPh WP Badan dan OP Non Karyawan sebesar 50% dan persentase pertumbuhan WP Badan dan OP Non Karyawan yang melakukan pembayaran sebesar 25%. Upaya yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak adalah memberikan pelayanan yang berkualitas dan diperlukan juga adanya sanksi yang menjadi alat kontrol bagi wajib pajak. Kepatuhan yang tinggi dari wajib pajak merupakan faktor terpenting dari pelaksanaan self assessment system tersebut. Dalam penelitian ini, faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak antara lain kualitas pelayanan perpajakan dan sanksi perpajakan. Pelayanan pajak dapat berupa fasilitas atau segala macam kegiatan yang mendukung wajib pajak untuk dapat lebih mudah melaksanakan kewajibannya membayar pajak, sedangkan sanksi perpajakan merupakan alat pencegah agar wajib pajak tidak melanggar norma perpajakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode causal study, sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Peneliti melakukan pengumpulan data primer dan sekunder yang meliputi penelitian lapangan berupa kuesioner serta penelitian kepustakaan. Populasi dalam penelitian adalah wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Bandung Bojonagara dan sampel yang digunakan sebanyak 99 wajib pajak. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan perpajakan dan sanksi perpajakan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi yang bernilai positif dan thitung lebih besar dari ttabel, serta nilai signifikansi kualitas pelayanan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak lebih kecil dari taraf signifikansi 5%. Kualitas pelayanan perpajakan dan sanksi perpajakan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi yang bernilai positif dan Fhitung lebih besar dari Ftabel, serta nilai signifikansi kualitas pelayanan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak lebih kecil dari taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diajukan diharapkan dapat bermanfaat bagi KPP, wajib pajak, dan penelitian selanjutnya. KPP harus dapat menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada wajib pajak badan dan KPP perlu melakukan sosialisasi dan penyuluhan secara berkala berkaitan dengan sanksi perpajakan dan peraturan perpajakan. Untuk wajib pajak, hendaknya dapat meningkatkan kedisiplinan dalam membayar pajak dan kepatuhan dalam mengisi SPT sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Selain itu, bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melakukan kajian di bidang yang sama dapat menambah variabel bebas serta jumlah sampel penelitian sehingga hasil penelitian dapat digeneralisasikan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Kepatuhan Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan en_US
dc.title Pengaruh kualitas pelayanan perpajakan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Bandung Bojonagara en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015130070
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0402117701
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403058402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account