Analisis dan usulan strategi komunikasi pemasaran workshop lingkaran di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nawangpalupi, Catharina Badra
dc.contributor.advisor Iswari, Titi
dc.contributor.author Wijaya, Yuliana
dc.date.accessioned 2019-04-29T02:16:04Z
dc.date.available 2019-04-29T02:16:04Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36681
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7872
dc.description 4666 - FTI en_US
dc.description.abstract Dewasa ini, perusahaan tidak hanya mencari pekerja dengan keunggulan hardskills, tetapi juga harus didukung dengan softskills yang baik. Saat ini, telah banyak organisasi maupun komunitas yang mendukung seseorang dalam mengasah serta meningkatkan hardskills dan softskills, salah satunya adalah Lingkaran. Lingkaran merupakan komunitas berbasis pendidikan untuk para kreatif guna mengembangkan keterampilan dan minat melalui berbagai pengetahuan. Lingkaran memulai karirnya di kota Bandung pada akhir tahun 2015. Jumlah peserta dalam satu kali pelaksanaan workshop diawal karirnya dapat mencapai 10-12 peserta, tetapi saat ini mengalami penurunan, yaitu hanya 6-7 peserta. Berdasarkan hasil identifikasi masalah melalui wawancara kepada responden yang pernah dan belum pernah mengikuti workshop Lingkaran di kota Bandung, terdapat kesamaan mengenai kurangnya pengetahuan tentang komunitas-komunitas pengada workshop di Bandung. Selain itu, responden yang belum pernah mengikuti workshop Lingkaran di kota Bandung menyatakan sama sekali belum pernah mendengar nama Lingkaran sebelumnya. Oleh karena belum banyak dikenal target pasarnya, maka akan sulit bagi Lingkaran di kota Bandung untuk mencapai target peserta yang diinginkan dalam satu kali pelaksanaan workshop. Tantangan yang dihadapi Lingkaran di Kota Bandung dapat diselesaikan dengan merancang Integrated Marketing Communication (IMC). Dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode analisis faktor, 17 variabel digunakan untuk membentuk faktor yang mempengaruhi publikasi suatu workshop. Hasilnya, terdapat 4 faktor yang terbentuk, yaitu “Konsep Publikasi”, “Public Relation & Publicity”, “Advertising”, dan “Personal Selling”. Lalu digunakan teknik dengan pendekatan Importance Performance Analysis (IPA) untuk menentukan variabel yang akan menjadi fokus perancangan IMC Lingkaran di kota Bandung pada setiap faktor yang terbentuk. Hasil rancangan IMC untuk Lingkaran di kota Bandung dimulai dari, target audience yang disamakan dengan target pasar saat ini, yaitu mahasiswa, freelancer, dan orang yang bekerja tetap. Tujuan perancangan adalah meningkatkan brand awareness dengan menyampaikan pesan dari strategi positioning yang diinginkan, yaitu perkumpulan orang-orang dengan ide kreatif yang saling berbagi ilmu pengetahuan. Channel yang digunakan bersifat nonpersonal, yaitu melalui sosial media. Lalu, urutan prioritas dari media mix yang digunakan adalah “Public Relation & Publicity”, “Advertising”, dan “Personal Selling”. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Analisis dan usulan strategi komunikasi pemasaran workshop lingkaran di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses
dc.identifier.nim/npm NPM2014610166
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404127301
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0425129401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account