Abstract:
Toko Online X merupakan toko yang menjual produk pakaian wanita secara
online. Berdasarkan dari data penjualan yang didapat, penjualan di toko online X tersebut
mengalami fluktuatif dan cenderung berkurang dari bulan Januari 2017 hingga Desember
2017. Penurunan penjualan ini disebabkan pemilik toko masih belum bisa menemukan
cara yang tepat untuk meningkatkan penjualannya. Untuk saat ini, cara-cara yang
dilakukan untuk menjual produknya hanya berdasarkan dari perasaan saja. Kurangnya
pengalaman dan pengetahuan pemilik toko juga menjadi salah satu hal yang menjadi
penghambat dalam meningkatkan angka penjualan di toko online tersebut. Selain itu,
penyebab lain menurunnya angka penjualan dikarenakan pemilik toko X tidak
mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumennya, sehingga metode penawaran
produk saat ini masih belum mencapai keinginan konsumen.
Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi niat konsumen dalam membeli,
maka dilakukan wawancara dan studi literatur untuk mengetahui faktor tersebut. Dari
peninjauan studi literatur, didapatkan faktor – faktor yang diduga memiliki pengaruh
terhadap toko online X. Faktor – faktor yang dimaksud adalah harga, program insentif,
site design, interaksi antar penjual dan pembeli, dan trust. Selanjutnya akan dibuat
kuesionernya berdasarkan indikator penelitian yang diperoleh dari faktor tersebut.
Penyebaran kuesioner dilakukan secara online. Data hasil kuesioner yang telah didapat
akan dilakukan pengujian dengan menggunakan metode PLS, terdapat dua cara
pengujian yaitu dengan evaluasi model hasil pengukuran, dan evaluasi model struktural.
Hasilnya diperoleh bahwa faktor harga, program insentif, situs desain, interaksi
antar penjual dan pembeli, dan kepercayaan memiliki pengaruh terhadap niat pembelian
konsumen secara online di toko online X. Lalu, untuk usulan yang dapat diberikan
kepada toko online X adalah berdasarkan dari penilaian konsumen terhadap indikator
penelitian yang digunakan.