Usulan pemilihan karyawan copywriter di PT. X dengan Fuzzy Analytical Network Process

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfian
dc.contributor.author Variandy, Andreas
dc.date.accessioned 2019-04-13T01:23:26Z
dc.date.available 2019-04-13T01:23:26Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36667
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7809
dc.description 4652 - FTI en_US
dc.description.abstract PT X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang media. Berdiri sejak 2011, PT X merupakan pelopor media pengembangan karir pertama di Indonesia. PT X memiliki keinginan untuk dapat menjadi panduan karir bagi setiap orang untuk mencapai puncak karirnya. Untuk itu, perusahaan membutuhkan karyawan yang tepat sehingga mampu menyediakan konten serta pemasaran yang tepat serta menarik bagi para pengguna dan calon pengguna. Salah satu yang memegang peranan penting adalah karyawan copywriter. Saat ini, tingkat turnover di PT X cukup tinggi. Hasil identifikasi mengatakan bahwa masalah ketidakcocokan pada karyawan copywriter kerap terjadi. Hal ini terjadi karena perusahaan mengalami kesulitan untuk memilih karyawan copywriter yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan perusahaan. Di samping itu, PT X dituntut untuk mendapatkan pengganti yang sepadan dan dalam waktu yang singkat mengingat peran krusial yang dipegang oleh posisi copywriter. Perusahaan saat ini hanya menggunakan pertimbangan hasil tes dan interview dalam melakukan pemilihan. Belum adanya daftar kriteria yang jelas digunakan sebagai pertimbangan menyebabkan proses pemilihan menjadi diragukan hasilnya. Oleh sebab itu, PT X dinilai membutuhkan sebuah alat bantu pemilihan yang mampu memilih karyawan yang paling sesuai dengan kriteria-kriteria pertimbangan yang tepat. Sebuah model pengambilan keputusan akan dibuat berdasarkan model analytical network process (ANP) karena dari hasil identifikasi ditemukan penggunaan beragam kriteria dan juga hubungan yang terjadi antara kriteria tersebut. Kemudian, ANP akan digabungkan dengan metode fuzzy menjadi fuzzy analytical network process (F-ANP) yang diwujudkan di dalam sebuah alat bantu menggunakan software Microsoft Excel Macro Enabled. Alat bantu akan mengakomodasi proses perbandingan berpasangan antar kandidat yang dilakukan oleh decision maker. Hasil implementasi alat bantu adalah rekomendasi kandidat A sebagai alternatif copywriter terpilih. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan pemilihan karyawan copywriter di PT. X dengan Fuzzy Analytical Network Process en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610092
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0405048801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account