Abstract:
PT X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang media. Berdiri sejak
2011, PT X merupakan pelopor media pengembangan karir pertama di Indonesia. PT X
memiliki keinginan untuk dapat menjadi panduan karir bagi setiap orang untuk mencapai
puncak karirnya. Untuk itu, perusahaan membutuhkan karyawan yang tepat sehingga
mampu menyediakan konten serta pemasaran yang tepat serta menarik bagi para
pengguna dan calon pengguna. Salah satu yang memegang peranan penting adalah
karyawan copywriter.
Saat ini, tingkat turnover di PT X cukup tinggi. Hasil identifikasi mengatakan
bahwa masalah ketidakcocokan pada karyawan copywriter kerap terjadi. Hal ini terjadi
karena perusahaan mengalami kesulitan untuk memilih karyawan copywriter yang sesuai
dengan kebutuhan dan keadaan perusahaan. Di samping itu, PT X dituntut untuk
mendapatkan pengganti yang sepadan dan dalam waktu yang singkat mengingat peran
krusial yang dipegang oleh posisi copywriter. Perusahaan saat ini hanya menggunakan
pertimbangan hasil tes dan interview dalam melakukan pemilihan. Belum adanya daftar
kriteria yang jelas digunakan sebagai pertimbangan menyebabkan proses pemilihan
menjadi diragukan hasilnya.
Oleh sebab itu, PT X dinilai membutuhkan sebuah alat bantu pemilihan yang
mampu memilih karyawan yang paling sesuai dengan kriteria-kriteria pertimbangan yang
tepat. Sebuah model pengambilan keputusan akan dibuat berdasarkan model analytical
network process (ANP) karena dari hasil identifikasi ditemukan penggunaan beragam
kriteria dan juga hubungan yang terjadi antara kriteria tersebut. Kemudian, ANP akan
digabungkan dengan metode fuzzy menjadi fuzzy analytical network process (F-ANP)
yang diwujudkan di dalam sebuah alat bantu menggunakan software Microsoft Excel
Macro Enabled. Alat bantu akan mengakomodasi proses perbandingan berpasangan
antar kandidat yang dilakukan oleh decision maker. Hasil implementasi alat bantu adalah
rekomendasi kandidat A sebagai alternatif copywriter terpilih.