Analisis dan usulan peningkatan kualitas layanan taksi online XYZ Bandara Husein menggunakan Integrated IPA-Kano Model (IIKM)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Gunawan, Kevin
dc.date.accessioned 2019-04-11T02:38:19Z
dc.date.available 2019-04-11T02:38:19Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36776
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7795
dc.description 4761 - FTI en_US
dc.description.abstract Sejak Februari 2018, pihak taksi Bandara Husein Sastranegara telah menjalin kerjasama dengan pihak XYZ dan membentuk layanan taksi online XYZ Bandara Husein yang menggunakan unit taksi Bandara Husein sebelumnya namun dengan cara pemesanan online. Sebagai langkah awal pemberlakuan sistem taksi online, pihak perusahaan merasa diperlukan penelitian untuk proses evaluasi dan analisis dari kualitas layanan taksi online XYZ Bandara Husein selama sistem baru berjalan agar diketahui bila diperlukan perbaikan. Metode penelitian menggunakan IIKM untuk menilai kondisi layanan taksi dan mengetahui prioritas perbaikan. Tahapan penelitian dimulai dari proses penentuan atribut layanan yang menghasilkan 21 atribut yang dianggap relevan sebagai alat ukur. Selanjutnya, digunakan alat kuesioner yang telah disebar dan menghasilkan data penilaian dari 152 responden yang telah reliable dan valid. Data-data tersebut diolah dengan IIKM dari hasil model IPA dan Kano. Kinerja layanan taksi didapat dari perbandingan nilai performansi terhadap standar yang diinginkan perusahaan. Model IPA digunakan untuk mendapatkan karakteristik atribut berdasarkan tingkat kepentingan dan performansinya. Lalu, model Kano digunakan untuk mengetahui seberapa berpengaruh suatu atribut terhadap kepuasan dan ketidakpuasan. Dari hasil penelitian, didapatkan nilai performansi layanan taksi sebesar 3,97 yang masih di bawah standar perusahaan yaitu 4,0 sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja layanan taksi online XYZ Bandara Husein masih belum baik. Berikutnya, dengan menggunakan IIKM, diketahui bahwa terdapat 5 atribut layanan taksi online XYZ Bandara Husein yang harus diperbaiki dengan prioritas yaitu atribut A3, A18, A11, A1, dan A12. Penelitian ini mengajukan 11 usulan yang lima diantaranya telah diterima oleh pihak perusahaan serta enam lainnya akan dipertimbangkan dan dikaji kembali. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Analisis dan usulan peningkatan kualitas layanan taksi online XYZ Bandara Husein menggunakan Integrated IPA-Kano Model (IIKM) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610058
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account