Perencanaan pengembangan usaha bisnis pakaian Batik Jobatika

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Johanna, Silviana
dc.date.accessioned 2019-04-10T07:55:35Z
dc.date.available 2019-04-10T07:55:35Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36775
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7783
dc.description 4760 - FTI en_US
dc.description.abstract Jobatika merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang fashion pakaian batik make to order yang bergerak secara online sejak tahun 2015. Hingga saat ini, pertumbuhan bisnis fashion pakaian batik yang terus meningkat menyebabkan persaingan pada bisnis ini semakin meningkat. Saat ini, Jobatika memiliki nilai-nilai spesifik yang ingin ditujukan kepada target pasar spesifik pula, namun hingga saat ini Jobatika belum memiliki perencanaan bisnis yang jelas. Jobatika juga belum memiliki target pasar yang jelas. Hal tersebut menyebabkan proses pemasaran yang dilakukan belum terlalu efisien. Saat ini, banyak konsumen yang menginginkan pakaian batik ready yang disediakan oleh Jobatika. Oleh karena itu, salah satu cara yang Jobatika lakukan adalah membuka toko offline. Selain itu, pendirian toko offline juga diharapkan dapat meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen ketika akan membeli pakaian batik Jobatika secara online. Pada penelitian ini, akan dilakukan proses perencanaan bisnis dan studi kelayakan bisnis yang tepat dilakukan untuk mengembangkan usaha Jobatika. Proses perencanaan bisnis akan diteliti melalui aspek pasar dan pemasaran, aspek operasional dan management, dan aspek hukum. Aspek pasar dan pemasaran akan membahas mengenai Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP), Five Force’s Porters Models, Analisis SWOT, Marketing Mix, dan Analisis TOWS. Sedangkan pada aspek operasional dan management, akan dibahas mengenai perencanaan lokasi, sumber daya manusia, key activities Jobatika, serta perencanaan peralatan dan fasilitas. Pada aspek hukum akan dibahas mengenai perizinan pembuatan usaha baru, surat SIUP, dan surat TDP. Sedangkan pembangunan toko offline akan diteliti melalui kelayakannya pada aspek finansial. Berdasarkan hasil perencanaan bisnis dan studi kelayakan usaha yang telah dilakukan, didapatkan hasil dari masing-masing aspek. Perencanaan aspek pasar dan pemasaran menghasilkan target pasar spesifik yang sesuai dengan nilai Jobatika dan strategi pemasaran untuk mencapai target pasar tersebut. Perencanaan operasional menghasilkan kondisi operasional yang lebih baik dalam pengembangan usaha Jobatika dan pembangunan toko offline. Perencanaan secara hukum menghasilkan badan usaha perorangan dan surat SIUP dan TDP terbaru. Sedangkan studi kelayakan usaha pada aspek finansial menyatakan jika usaha pembangunan toko offline dinyatakan layak dan dapat dijalankan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perencanaan pengembangan usaha bisnis pakaian Batik Jobatika en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610100
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account