Segmentasi dan Dynamic Positioning untuk layanan Fixed Line Broadband

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Olivia, Reni
dc.date.accessioned 2019-04-10T04:32:41Z
dc.date.available 2019-04-10T04:32:41Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36715
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7777
dc.description 4700 - FTI en_US
dc.description.abstract Pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi dari tahun ke tahun menyebabkan jumlah pengguna internet semakin bertambah. Berdasarkan data survei APJII, persentase pengguna fixed broadband di tahun 2016 adalah 14% dan akan meningkat sebesar 15-16% dalam beberapa tahun ke depan. Munculnya pesaing baru juga menjadi salah satu tanda bahwa persaingan di pasar fixed broadband semakin meningkat. Oleh karena itu dibutuhkan segmentasi dan positioning agar pemasar dapat menyusun strategi pemasaran dengan lebih baik. Strategi positioning akan dilakukan pada produk Indihome dimana pada tahun 2018, Indihome mengalami penurunan proporsi pada Top Brand Index sebesar 8%. Dengan adanya penurunan proporsi dan juga kemunculan pesaing-pesaing baru, tentunya Indihome membutuhkan strategi untuk mempertahankan posisinya terhadap pesaing. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah choice-based conjoint. Dari choice-based conjoint diperoleh nilai utilitas yang dijadikan dasar untuk segmentasi. Berdasarkan hasil segmentasi diperoleh 3 segmen dimana segmen 1 terdiri dari 28% responden, segmen 2 terdiri dari 35% responden, dan segmen 3 terdiri dari 37% responden dari total 250 responden. Selain itu diberikan juga usulan terhadap hasil positioning. Pada segmen 1, diberikan usulan dengan mengganti sistem promosi Indihome dari pemberian voucher menjadi buy 5 get 6 month. Usulan ini memberikan kenaikan pada share of preferences sebesar 9,72%. Selanjutnya untuk segmen 2, diberikan usulan dengan menaikkan kecepatan produk menjadi 30 Mbps, sistem promosi buy 5 get 6 month, bundling TV kabel 75 channel dengan harga Rp. 580.000. Usulan ini memberikan kenaikan pada share of preferences sebesar 24,29%. Selanjutnya untuk segmen 3 diberikan usulan penurunan harga produk menjadi Rp. 328.900 dan bundling TV kabel 75 channel. Usulan ini memberikan kenaikan pada share of preferences sebesar 19,81%. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Segmentasi dan Dynamic Positioning untuk layanan Fixed Line Broadband en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610014
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account