Evaluasi dan perancangan ulang aplikasi KBBI V Luring berdasarkan kriteria usability

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukapto, Paulus
dc.contributor.author Nugraha, Samuel Susetia Davilantinov
dc.date.accessioned 2019-04-08T04:05:46Z
dc.date.available 2019-04-08T04:05:46Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36769
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7773
dc.description 4754 - FTI en_US
dc.description.abstract Perkembangan dunia saat ini dipengaruhi oleh berkembangnya proses globalisasi, yang mempermudah terjadinya pertukaran informasi dengan negara lain. Proses globalisasi ini juga memengaruhi terjadinya proses perkembangan informasi dan teknologi. Agar dapat bersaing di tengah dunia yang semakin berkembang, Indonesia harus mampu meningkatkan standar kecerdasan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Namun, perkembangan iptek harus diimbangi dengan perkembangan kemampuan berbahasa. Aplikasi KBBI V merupakan aplikasi kamus Bahasa Indonesia yang resmi diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan memanfaatkan fakta bahwa sebesar 40% dari penduduk Indonesia memiliki ponsel pintar, Kemendikbud meluncurkan aplikasi KBBI V Luring untuk memudahkan para pengguna dalam mengakses kamus Bahasa Indonesia. Namun, masih terdapat banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan aplikasi KBBI V menjadi lebih baik lagi. Dalam penelitian ini, aplikasi KBBI V akan dievaluasi dengan menggunakan kriteria usability. Aspek usability pada aplikasi dinilai dengan mengukur effectiveness, efficiency, dan learnability, yang disertai dengan penilaian SUS dan penilaian responden. Evaluasi dilakukan dengan mengajukan pertanyaan awal, task list, penilaian SUS, dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata tingkat effectiveness aplikasi sebesar 50%, tingkat efficiency sebesar 28,57%, tingkat learnability sebesar 1,81 dari skala 4 poin, penilaian SUS sebesar 38,44, dan penilaian responden sebesar 5 dari skala 10 poin. Setelah selesai dengan evaluasi tahap pertama, tahap berikutnya adalah dengan melakukan perancangan ulang prototipe aplikasi KBBI V. Perancangan dilakukan dengan melibatkan responden untuk menghasilkan konsep desain alternatif dengan menggunakan metode desain partisipatif untuk menghasilkan low-fidelity prototype. Lalu hasil konsep desain alternatif tersebut ikut dibandingkan dengan produk serupa untuk menghasilkan high-fidelity prototype. Evaluasi tahap kedua dilakukan dengan menggunakan high-fidelity prototype dan menunjukkan rata-rata tingkat effectiveness sebesar 100%, tingkat efficiency diatas 64,29%, tingkat learnability sebesar 2,75 dari skala 4 poin, penilaian SUS sebesar 71,56, dan penilaian responden sebesar 7,875 dari skala 10 poin. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Evaluasi dan perancangan ulang aplikasi KBBI V Luring berdasarkan kriteria usability en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610155
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0430126001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account