Evaluasi dan usulan rancangan iklan internet berbasis video berdasarkan pengukuran emosi untuk meningkatkan efektivitas iklan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Shawn
dc.date.accessioned 2019-04-08T03:45:46Z
dc.date.available 2019-04-08T03:45:46Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36782
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7770
dc.description 4767 - FTI en_US
dc.description.abstract Iklan digunakan sebagai platform untuk memberikan informasi mengenai produk kepada masyarakat umum, dimana sebagian besar periklanan membutuhkan biaya yang besar dalam jangka waktu panjang. Media iklan yang kerap digunakan adalah internet seperti Youtube, Facebook, dan Instagram dimana kelebihannya adalah jangkauan luas dan biaya yang tidak semahal media konvensional. Namun kelemahan internet adalah banyaknya iklan yang mengganggu para pengguna internet. Mengetahui hal ini, para desainer iklan harus menghasilkan iklan yang dapat menarik konsumen yang dituju. Metode valence-arousal merupakan penerjemahan gelombang otak yang direkam menggunakan alat EEG (elektroensefalografi) menjadi nilai valence dan arousal yang dapat diinterpretasikan menjadi jenis dan tingkat emosi. Iklan yang efektif terjadi saat jenis emosi yang dihasilkan positif dan tingkat emosinya tinggi. Melalui penelitian awal, faktor yang dianggap berpengaruh terhadap emosi adalah kreativitas dengan level rendah-tinggi, durasi dengan level 15-30 detik, dan keberadaan skip ad dengan level ada-tidak ada. Penelitian dilakukan pada 10 responden yang diminta untuk menonton 8 sampel video iklan berdasarkan kombinasi faktor atau variabel penelitian. Penelitian dilakukan sebanyak 2 kali, yakni sebelum dan sesudah usulan. Penelitian sebelum usulan ditujukan untuk menemukan kombinasi treatment terbaik yang dapat menghasilkan jenis dan tingkat emosi positif. Dari hasil penemuan tersebut, dilakukan penelitian sesudah usulan untuk mengecek konsistensi jenis dan tingkat emosi positif yang dihasilkan. Kesimpulan penelitian usulan adalah jika iklan tidak dilengkapi dengan skip ad, maka iklan sebaiknya mempunyai kreativitas tinggi dan durasi 15 detik. Jika iklan dilengkapi dengan skip ad, maka iklan sebaiknya mempunyai kreativitas tinggi dan durasi 30 detik. Namun setelah penelitian usulan dilakukan, treatment iklan tanpa skip ad, kreativitas tinggi, dan durasi 15 detik mengalami penurunan pada tingkat emosi. Sedangkan treatment iklan dengan skip ad, kreativitas tinggi, dan durasi 30 detik mengalami peningkatan pada tingkat emosi, sehingga terdapat kemungkinan faktor-faktor lain yang berpengaruh pula pada jenis dan tingkat emosi. Berdasarkan hasil wawancara pada responden, ditemukan 4 faktor baru yang dapat berpengaruh, yakni waktu tayang iklan, media penempatan iklan, kesesuaian iklan serta produk dengan preferensi pribadi konsumen, serta banyaknya informasi yang terdapat pada iklan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Evaluasi dan usulan rancangan iklan internet berbasis video berdasarkan pengukuran emosi untuk meningkatkan efektivitas iklan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610004
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412027501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account