Abstract:
Makanan dan minuman terbaik yang direkomendasikan untuk bayi pada usia 6
bulan pertama adalah air susu ibu (ASI). Namun, di keadaan nyata tidak semua ibu dapat
memberikan ASI kepada bayinya baik secara permanen maupun sementara karena
berbagai alasan, mulai dari kondisi fisik bayi yang tidak memungkinkan, meninggalnya
ibu dari bayi, kondisi kesehatan ibu yang tidak memungkinkan, dan adanya resiko
penularan penyakit antara ibu dan bayinya lewat kontak menyusui. Ibu yang tidak dapat
memberikan ASI pada bayinya lebih baik mencari donor ASI untuk memenuhi asupan gizi
bayi. Kegiatan donor ASI di berbagai negara di dunia diatur oleh bank ASI atau Milk
Bank. Hingga saat ini belum ada bank ASI di Indonesia karena permasalahan
kepercayaan dan agama, selain itu dibutuhkan waktu dan persiapan yang lama untuk
mewujudkannya. Oleh karena itu, perancangan aplikasi mengenai donor ASI dibutuhkan
sebagai alternatif terbaik untuk permasalahan donor ASI di Indonesia.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan kajian aplikasi
sejenis oleh responden penerima ASI, pemberi ASI, dan ahli. Perancangan prototipe
aplikasi donor ASI dilakukan menggunakan pendekatan desain partisipatif, dimana
alternatif konsep desain diperoleh menggunakan metode design workshop. Design
workshop menghasilkan tiga alternatif konsep aplikasi. Pemilihan konsep terbaik
dilakukan menggunakan kuesioner online dengan bantuan video walkthrough sketsa
menggunakan software Balsamiq dan dihasilkan keputusan alternatif 2 sebagai alternatif
terbaik dengan persentase pemilihan 70%. Pembuatan prototipe aplikasi dengan tipe
high-fidelity dilakukan menggunakan software Justinmind. Evaluasi dilakukan
menggunakan metode usability testing, wawancara, dan SUS.
Hasil evaluasi prototipe menunjukkan bahwa aplikasi memiliki nilai efisiensi
diatas 70% (tergolong baik) dan nilai efektivitas diatas 70% (tergolong baik). Nilai SUS
yang merefleksikan penilaian persepsi subjektif dari usability (learnability, satisfaction,
dan usefulness) dan persepsi subjektif aplikasi secara keseluruhan didapatkan sebesar
72.51 dan tergolong baik (Good). Hasil evaluasi menghasilkan teridentifikasinya empat
usability problem yang selanjutnya diberikan usulan perbaikan dan dilakukan perbaikan
tampilan aplikasi.