Analisis pemilihan supplier batu granit jenis andesit di PT. Great Stone International

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfian
dc.contributor.author Maretino, Calvin
dc.date.accessioned 2019-03-29T09:10:29Z
dc.date.available 2019-03-29T09:10:29Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36664
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7748
dc.description 4649 - FTI en_US
dc.description.abstract Sejak tahun 2002, PT. Great Stone Indonesia adalah perusahaan yang menjual dan melayani pemasangan batu alam Baru granit jenis andesit merupakan produk yang memiliki tingkat penjualan paling tinggi pada perusahaan ini. Granit jenis andesit tersebut sering diaplikasikan untuk dinding bangunan, lantai, dan wastafel. Banyaknya pelaku usaha baru yang menjalankan usaha ini, menyebabkan PT. Great Stone Indonesia harus dapat meningkatkan daya saing. Tetapi, dalam melakukan produksi batu granit jenis andesit ini masih terdapat masalah mengenai supplier yang dihadapi oleh perusahaan yaitu berupa kualitas barang yang buruk dan pelayanan dari pemasok yang buruk. Hal tersebut akan menyebabkan terhambatnya proses produksi dan juga membuat barang yang dihasilkan oleh perusahaan tidak maksimal dan akan menimbulkan kerugian. Sampai saat ini, pemilik perusahaan belum memiliki sistem pengambilan keputusan yang jelas dan hanya melihat satu kriteria saja yaitu biaya. Sementara, seharusnya terdapat beberapa kriteria lain yang menjadi pertimbangan dalam melakukan pemilihan supplier. Permasalahan kemudian yang akan dihadapi oleh perusahaan PT. Great Stone International merupakan permasalahan Multi Criteria Decision Making (MCDM). Salah satu metode yang dapat digunakan pada permasalahan MCDM adalah metode Analytical Network Process (ANP). Metode ANP ini akan membantu untuk pengambilan keputusan multi kriteria yang sistematis dengan adanya perbandingan berpasangan dan pemeriksaan konsitensi. Terdapat empat kriteria yang akan digunakan dan terdapat tiga alternatif supplier yaitu Supplier A, Supplier B, dan Supplier C. Kriteria yang akan digunakan yaitu biaya pembelian, kualitas, ketersediaan produk, dan pelayanan. Melalui tahapan identifikasi, dari empat kriteria tersebut didapatkan 10 subkriteria didalamnya. Selanjutnya dilakukan pengumpulan dan pengolahan data hingga dihasilkan supermatrix. Dari data supermatrix tersebut dapat diketahui bahwa alternatif supplier terbaik diperoleh dengan urutan yaitu supplier B dengan bobot 0.422, supplier A dengan bobot 0.378 dan yang terakhir yaitu supplier C dengan bobot sebesar 0.200. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Analisis pemilihan supplier batu granit jenis andesit di PT. Great Stone International en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013610145
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0405048801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account