Usulan perbaikan pelayanan Klinik Pratama Medika Antapani 1 berdasarkan metode Improvement Gap Analysis

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nainggolan, Marihot
dc.contributor.author Mukti, Aulia Fauzani
dc.date.accessioned 2019-03-29T06:31:42Z
dc.date.available 2019-03-29T06:31:42Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36758
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7741
dc.description 4743 - FTI en_US
dc.description.abstract Klinik Pratama Medika Antapani 1 merupakan salah satu klinik pratama yang beroperasi di kota Bandung yang berdiri dibawah PT. Medika Antapani yang berfokus dalam jasa bisnis pelayanan kesehatan, klinik ini berdiri pada tahun 2015. Klinik Pratama Medika Antapani 1 mencakupi layanan konsultasi umum, layanan gigi umum, layanan khusus ibu dan anak, tindakan unit gawat darurat, dan layanan instalasi farmasi. Klinik ini merupakan salah satu klinik rujukan yang dapat dikunjungi oleh masyarakat kota Bandung yang khususnya berdomisili di daerah Antapani dan sekitarnya yang mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS. Klinik ini melayani peserta BPJS PPK-1 atau fasilitas kesehatan tingkat pertama Namun, ternyata masih terdapat beberapa keluhan mengenai pelayanan yang diberikan, seperti obat-obatan yang tidak lengkap, fasilitas ruang tunggu yang tidak nyaman, dan lainnya. Dengan meningkatkan kualitas layanan di Klinik Pratama Medika Antapani 1, diharapkan akan meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap Klinik Pratama Medika Antapani 1 sebagai salah satu pilihan klinik pratama di daerah sekitarnya. Improvement Gap Analysis (IGA) merupakan metode evaluasi kualitas layanan dengan pendekatan kuadran yang mengevaluasi performansi atribut berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan pada saat atribut memiliki performansi yang baik dan sebaliknya. Atribut penelitian diperoleh dari hasil studi literatur, yang kemudian disusun menjadi kuesioner untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Berdasarkan pengolahan data dengan metode IGA, terdapat 6 atribut yang menjadi prioritas perbaikan dan akan diberikan usulan perbaikan. Usulan perbaikan yang diberikan antara lain menambah stok obat-obatan yang tersedia di fasilitas farmasi, penambahan personel petugas kebersihan, desain dan pembuatan ruang tunggu bagian luar yang lebih bagus dengan memperhatikan kebutuhan pelanggan serta fasilitas pendukung, pemberian surat peringatan dengan hukuman yang bervariasi, penambahan pos di bagian pendaftaran, dan pengkajian ulang birokrasi dan proses yang dibutuhkan untuk mendapatkan pelayanan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan pelayanan Klinik Pratama Medika Antapani 1 berdasarkan metode Improvement Gap Analysis en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2011610150
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412107501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account