Abstract:
Klinik Pratama Medika Antapani 1 merupakan salah satu klinik pratama
yang beroperasi di kota Bandung yang berdiri dibawah PT. Medika Antapani
yang berfokus dalam jasa bisnis pelayanan kesehatan, klinik ini berdiri pada
tahun 2015. Klinik Pratama Medika Antapani 1 mencakupi layanan konsultasi
umum, layanan gigi umum, layanan khusus ibu dan anak, tindakan unit gawat
darurat, dan layanan instalasi farmasi. Klinik ini merupakan salah satu klinik
rujukan yang dapat dikunjungi oleh masyarakat kota Bandung yang khususnya
berdomisili di daerah Antapani dan sekitarnya yang mendaftarkan diri menjadi
peserta BPJS. Klinik ini melayani peserta BPJS PPK-1 atau fasilitas kesehatan
tingkat pertama Namun, ternyata masih terdapat beberapa keluhan mengenai
pelayanan yang diberikan, seperti obat-obatan yang tidak lengkap, fasilitas ruang
tunggu yang tidak nyaman, dan lainnya. Dengan meningkatkan kualitas layanan
di Klinik Pratama Medika Antapani 1, diharapkan akan meningkatkan kepuasan
dan kepercayaan pelanggan terhadap Klinik Pratama Medika Antapani 1 sebagai
salah satu pilihan klinik pratama di daerah sekitarnya.
Improvement Gap Analysis (IGA) merupakan metode evaluasi kualitas
layanan dengan pendekatan kuadran yang mengevaluasi performansi atribut
berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan pada saat atribut memiliki performansi
yang baik dan sebaliknya. Atribut penelitian diperoleh dari hasil studi literatur,
yang kemudian disusun menjadi kuesioner untuk memperoleh data yang
dibutuhkan.
Berdasarkan pengolahan data dengan metode IGA, terdapat 6 atribut
yang menjadi prioritas perbaikan dan akan diberikan usulan perbaikan. Usulan
perbaikan yang diberikan antara lain menambah stok obat-obatan yang tersedia
di fasilitas farmasi, penambahan personel petugas kebersihan, desain dan
pembuatan ruang tunggu bagian luar yang lebih bagus dengan memperhatikan
kebutuhan pelanggan serta fasilitas pendukung, pemberian surat peringatan
dengan hukuman yang bervariasi, penambahan pos di bagian pendaftaran, dan
pengkajian ulang birokrasi dan proses yang dibutuhkan untuk mendapatkan
pelayanan.