Perancangan aplikasi untuk alat bantu bagi terapis pijat penyandang disabilitas netra dalam memperoleh pelanggannya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Wiyanto, Devina
dc.date.accessioned 2019-03-19T04:02:57Z
dc.date.available 2019-03-19T04:02:57Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36785
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7687
dc.description 4770 - FTI en_US
dc.description.abstract Dewasa ini, aplikasi penyedia jasa pada smartphone telah menjadi salah satu media terbesar dalam menyerap tenaga kerja, khususnya tenaga kerja non-disabilitas di Indonesia. Namun, hal ini tidak sejalan dengan UU No. 8 Tahun 2016 yang mewajibkan perusahaan swasta untuk mempekerjakan penyandang disabilitas dengan kuota minimal 1% dari total karyawan. Sementara itu, terapis pijat (TP) penyandang disabilitas netra (PDN) tengah menghadapi persaingan dengan TP berpenglihatan awas yang kebanyakan telah bergabung dengan aplikasi penyedia jasa pijat panggilan, yang secara umum tidak mudah digunakan oleh PDN. Sampai saat ini, belum ada aplikasi khusus di Indonesia yang dapat membantu TP-PDN dalam memperoleh pelanggannya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi untuk alat bantu bagi TPPDN dalam memperoleh pelanggannya. Perancangan aplikasi dimulai dengan tahapan identifikasi dan interpretasi kebutuhan konsumen, dengan melibatkan sepuluh orang responden PDN. Dilanjutkan dengan perancangan dan pemilihan alternatif desain aplikasi yang melibatkan lima orang responden PDN. Setelah itu dibuat desain akhir yang akan dijadikan dasar bagi perancangan prototipe aplikasi. Selanjutnya, dilakukan evaluasi prototipe aplikasi dengan uji kemampupakaian untuk menguji ketercapaian kriteria efficiency dan effectiveness. Kuesioner System Usability Scale (SUS) juga digunakan untuk menguji ketercapaian kriteria satisfaction, learnability, dan usable. Tahapan identifikasi dan interpretasi kebutuhan konsumen menghasilkan 17 kebutuhan sekunder dan lima kebutuhan primer,yaitu aplikasi yang mudah digunakan, aplikasi yang dapat menjamin keamanan, aplikasi yang dapat menjamin kenyamanan, aplikasi yang dapat menampilkan data profil TP, serta aplikasi yang dapat menampilkan data profil pelanggannya. Berdasarkan tahapan perancangan alternatif desain aplikasi, dihasilkan dua buah alternatif desain. Alternatif satu terpilih berdasarkan hasil scoring, yang kemudian sebagian fiturnya diperbaiki pada tahapan perancangan desain akhir. Selanjutnya, rancangan prototipe high-fidelity dibuat dan dievaluasi. Berdasarkan evaluasi dengan metode uji kemampupakaian, diperoleh hasil untuk kriteria efficiency bernilai 61,43% dan kriteria effectiveness bernilai 48,57%. Evaluasi dengan kuesioner SUS, memiliki skor maksimal 100,00 dan dapat dikatakan baik apabila melebihi skor 68,00. Berdasarkan kuesioner SUS, skor untuk kriteria satisfaction memiliki nilai sebesar 72,50, kriteria learnability sebesar 75,00, dan kriteria usable sebesar 71,88, sehingga ketiga kriteria tersebut memiliki predikat B. Kriteria accessibility dinilai berdasarkan komentar dan saran responden terhadap prototipe aplikasi. Berdasarkan hasil evaluasi prototipe, dilakukan perbaikan terhadap prototipe aplikasi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan aplikasi untuk alat bantu bagi terapis pijat penyandang disabilitas netra dalam memperoleh pelanggannya en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610030
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412027501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account