Abstract:
Orang yang membawakan isi presentasi kepada penonton disebut dengan presenter. Dalam membawakan
presentasi, presenter biasanya berdiri atau berjalan-jalan untuk lebih interaktif dengan
penonton. Saat presentasi berjalan, presenter dapat dibantu oleh operator untuk menggerakkan
slide presentasi. Saat presentasi dilakukan seorang diri, presenter harus berinteraksi langsung
dengan komputer. Jika presenter ingin lebih mudah untuk menggerakkan slide, presenter akan
berada dekat komputer. Hal tersebut membuat presenter kesulitan atau tidak bisa interaktif
kepada penonton. Presenter membutuhkan alat bantu yang dapat menggerakkan slide dan
membuat presenter tetap dapat berinteraksi pada penonton dengan baik. Kebutuhan alat bantu
tersebut dijadikan ide dasar untuk membangun sebuah perangkat lunak yang dapat membantu
presentasi yang dibahas pada penelitian ini.
Perangkat lunak yang dibangun akan menjadi alat bantu untuk presenter. Dengan menggunakan
perangkat keras kamera sebagai masukan, kamera akan menghadap presenter dan
presenter dapat melakukan kendali komputer dengan gerakan tangan. Tangan presenter diberi
sebuah penanda berwarna. Perangkat lunak akan melacak penanda berwarna pada tangan
preseter dan dapat mendeteksi gerakan tangannya. Gerakan tangan presenter akan memberikan
perintah pada slide presentasi. Pelacakan gerakan tangan dilakukan dengan algoritma Meanshift
dan Histogram Backprojection. Algoritma Meanshift adalah metode pencarian titik pusat dari
sebuah distribusi nilai. Pada penelitian ini, distribusi nilai yang dicari titik pusatnya adalah citra
dari penanda berwarna. Pada saat penangkapan citra oleh kamera, tidak hanya citra penanda
berwarna saja yang ditangkap, tetapi objek lain juga. Agar perangkat lunak dapat mengenali
penanda berwarna dengan tepat dibutuhkan algoritma Histogram Backprojection. Algoritma
Histogram Backprojection berfungsi untuk memisahkan bagian warna objek pencarian (penanda
berwarna) dengan objek lain pada citra.
Perangkat lunak yang menggunakan algoritma Meanshift untuk melacak gerakan tangan dan
mengendalikan presentasi berhasil dibangun. Berdasarkan pengujian, jarak kamera dan penanda
warna tidak berpengaruh pada performa perangkat lunak. Perangkat lunak membutuhkan lebih
dari 1,5 detik per gerakan tangan untuk berhasil mendeteksi gerakan tangan.