Peranan manajemen piutang usaha dalam meningkatkan efisiensi pada perusahaan : studi kasus pada PT. C

Show simple item record

dc.contributor.advisor Barlian, Inge
dc.contributor.advisor Erawan S., Probowo
dc.contributor.author Riyantama, Hans
dc.date.accessioned 2019-01-11T07:44:38Z
dc.date.available 2019-01-11T07:44:38Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36374
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7254
dc.description 23275 - FE en_US
dc.description.abstract Era globalisasi saat ini menjadikan persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat dalam memperoleh laba yang tinggi. Perusahaan membutuhkan penjualan yang tinggi untuk dapat menutupi beban perusahaan dan memperoleh laba yang tinggi pula. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memberikan opsi kredit bagi pelanggan. Namun dengan adanya opsi kredit maka akan timbul piutang. Berdasarkan data yang diperoleh penulis dari PT C, selama Tahun 2016 mayoritas penjualan PT C adalah penjualan kredit sehingga piutang PT C menjadi banyak dan berdasarkan pengumuran piutang yang telah dilakukan, 70.98% piutang yang dimiliki PT C terlambat ditagih sehingga menjadikan rata- rata periode tagih PT C menjadi lama dan berdampak pada kinerja PT C yang tidak efisien. Dengan adanya piutang, perusahaan perlu melakukan manajemen piutang untuk meminimalisir risiko piutang yang terlambat ditagih atau tidak tertagih dimana manajemen piutang diawali dengan membuat syarat seleksi kredit dan kebijakan kredit. Selain itu, perlu adanya pengawasan terhadap piutang agar piutang dapat ditagih tepat waktu. Apabila kebijakan dan penagihan piutang belum efektif maka perlu adanya kebijakan dan penagihan piutang yang baru. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah applied research dan penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Data yang digunakan merupakan data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa laporan yang diperoleh dari PT C. Data yang didapat dianalisis secara kuantitatif kemudian diinterpretasikan secara deskriptif. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan penulis terhadap piutang yang dimiliki PT C dengan melakukan pengumuran piutang, didapatkan bahwa sebesar 70.98% piutang PT C terlambat ditagih yang menyebabkan rata- rata periode tagih, siklus operasi, dan siklus konversi kas PT C menjadi lama sehingga dapat dikatakan bahwa kebijakan dan penagihan piutang PT C tidak efektif. Oleh karena itu penulis memberikan usulan kebijakan dan penagihan piutang yang baru dengan melakukan penambahan diskon untuk pembelian tunai sebesar 5% dan melakukan pengawasan piutang melalui pengumuran piutang. Hasil yang diperoleh adalah dengan usulan kebijakan dan penagihan piutang baru ini maka rata- rata periode tagih PT C menjadi lebih singkat. Selain itu siklus operasi dan siklus konversi kas PT C pun menjadi lebih singkat sehingga kinerja PT C dapat menjadi lebih efisien. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject piutang en_US
dc.subject manajemen piutang en_US
dc.subject siklus operasi en_US
dc.subject siklus konversi kas en_US
dc.title Peranan manajemen piutang usaha dalam meningkatkan efisiensi pada perusahaan : studi kasus pada PT. C en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014120023
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427129004
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account