dc.description.abstract |
Pendahuluan - Perubahan ekonomi ke arah ekonomi digital semakin dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan pesatnya perkembangan salah satu startup berbasis teknologi digital di bidang keuangan atau biasa disebut financial technology (Fintech). Industri Fintech mengalami pertumbuhan yang positif dari tahun ke tahun terutama pada bidang sistem pembayaran. Selain itu, penetrasi konsumen pengguna cashless payment atau electronic money (e-money) tahun 2017 pun meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Hasil survei JakPat tahun 2017 menunjukkan bahwa terdapat tujuh e-money dengan kepemilikan tertinggi di Indonesia, yaitu Go-Pay, Mandiri E-Money, Tcash, Flazz, Line Pay, Ovo, dan Brizzi. Fenomena pesatnya pertumbuhan pengguna e-money ini menunjukkan bahwa adanya perubahan perilaku konsumen dalam menggunakan instrumen pembayaran. Perubahan perilaku ini juga memperlihatkan bahwa preferensi tiap-tiap konsumen dalam menggunakan produk e-money pun berbeda-beda. Perbedaan preferensi konsumen ini menjadi faktor penentu mengapa konsumen memilih melakukan sikap pembelian atau menggunakan produk/jasa e-money tertentu. Tiap-tiap e-money pun memiliki karakteristik dan jenis yang berbeda-beda, sehingga hal ini juga menimbulkan preferensi tiap-tiap konsumen yang berbeda juga. Perbedaan karakteristik setiap e-money dan preferensi tiap-tiap konsumen inilah yang pada akhirnya membentuk profil konsumen tiap-tiap perusahaan e-money berbeda. Akhirnya, penting bagi perusahaan untuk mengetahui profil konsumen mereka dengan mengetahui perilaku dan preferensinya juga, sehingga perusahaan bisa mengetahui siapa konsumen mereka sebenarnya dan bagaimana karakteristik-karakteristik konsumen yang mereka miliki. Dengan demikian, perusahaan dapat mengevaluasi apakah segmen yang akan atau yang telah mereka tuju sudah sesuai dengan strategi pemasaran perusahaan. Untuk itu penulis hendak melakukan penelitian yang berjudul Profiling Konsumen Pengguna Electronic Money (E-Money) di Kota Bandung pada pengguna Go-Pay, Mandiri E-Money, Tcash, Flazz, Line Pay, Ovo, dan Brizzi.
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil konsumen sesungguhnya yang dimiliki oleh perusahaan Go-pay, Mandiri E-Money, Tcash, Flazz, Line Pay, Ovo, dan Brizzi.
Metode - Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah exploratory research. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna e-money Go-Pay, Mandiri EMoney, Tcash, Flazz, Line Pay, Ovo, dan Brizzi, dengan teknik pengambilan sampel yaitu quota sampling sebanyak 100 responden untuk masing-masing e-money. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui cara penyebaran kuesioner dengan memformulasikan rangkaian pertanyaan yang dapat dijawab oleh responden sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil kuesioner akan dianalisis dengan analisa tabulasi silang (cross tabulation) pada SPSS untuk melihat apakah terdapat hubungan deskriptif antara dua variabel atau lebih di dalam data yang diperoleh.
Temuan - Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa perbedaan dan beberapa persamaan profil pengguna masing-masing e-money yang akan disajikan dalam bentuk table dan dijelaskan secara kualitatif. |
en_US |