Model antrian G/G/1 dan aplikasinya pada antrian kedatangan penerbangan di landasan pacu bandara

Show simple item record

dc.contributor.author Christophorus I. S.
dc.contributor.author Lesmono, Julius Dharma
dc.date.accessioned 2019-01-09T03:43:36Z
dc.date.available 2019-01-09T03:43:36Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.issn 1907-3909
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7213
dc.description Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika (SEMMAT UNPAR) 2018. Fakultas Teknologi Informasi dan Sains - UNPAR. Bandung, 22 September 2018. en_US
dc.description.abstract Penerbangan telah menjadi kebutuhan banyak individu. Oleh karena itu, dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai untuk melayani penerbangan. Bandara menjadi salah satu prasarana yang penting. Bandara memiliki komponen utama yaitu landasan pacu. Landasan pacu menjadi titik awal kedatangan dan keberangkatan dalam penerbangan sehingga antrian akan terjadi di sekitar landasan pacu. Semakin padat penerbangan di suatu bandara, maka antrian akan semakin panjang. Antrian ini dapat dimodelkan berdasarkan teori antrian. Makalah ini akan memodelkan antrian kedatangan di landasan pacu tiga bandara internasional di Indonesia, kemudian melihat dan membandingkan besarannya dan menganalisa hasil yang didapatkan. Dalam hal ini, bandara yang dipakai adalah Bandara Internasional Supadio Pontianak, Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, dan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, model yang dapat diterapkan dalam antrian kedatangan ketiga bandara adalah model antrian G/G/1. Berdasarkan nilai besaran-besaran yang diperoleh, terlihat bahwa hasil yang didapatkan program QtsPlus hampir sama dengan hasil hampiran dengan koefisien variansi. Bandara yang tersibuk adalah Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang karena bandara tersebut memiliki jumlah pelayanan pesawat lebih besar dibandingkan dengan kedua bandara lainnya. Diperoleh juga bahwa penggunaan asumsi untuk waktu pelayanan menjadi sebuah kelemahan karena beberapa data simulasi waktu pelayanan bernilai melampaui waktu antar kedatangan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Fakultas Teknologi Informasi dan Sains - UNPAR Bandung en_US
dc.relation.ispartofseries Prosiding Seminar Nasional Matematika (SEMMAT UNPAR);Vol.13 No.8 (2018)
dc.subject BANDARA en_US
dc.subject LANDASAN PACU en_US
dc.subject ANTRIAN KEDATANGAN en_US
dc.subject MODEL ANTRIAN G/G/1 en_US
dc.title Model antrian G/G/1 dan aplikasinya pada antrian kedatangan penerbangan di landasan pacu bandara en_US
dc.type Conference Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account