dc.description.abstract |
Meningkatnya kualitas teknologi dan tingkat kepadatan kota membuat banyak
peluang bisnis baru dimana bisnis berbasis online menjadi marak digunakan masyarakat
dalam berbagai hal mulai dari berbelanja pakaian hingga pembelian kebutuhan sehari-hari.
Dalam hal ini Happy Fresh menyediakan jasa pelayanan dengan membantu penggunanya
dengan membeli barang keperluan sehari-hari maupun bahan-bahan segar ke supermarket
dan mengantarkannya kepada konsumen. Namun dalam persaingannya Happy Fresh masih
belum begitu dikenal oleh masyarakat sehingga menyebabkan rendahnya kesadaran akan
Happy Fresh. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara persepsi konsumen
tentang promosi dengan Brand awareness Happy Fresh di Bandung.
Teori mengenai promosi yang digunakan dikembangkan dari teori Marketing
Communication Mix oleh Kotler dan Keller (2012) yaitu non-personal marketing
communication yang terdiri dari advertising dan sales promotion. Tingkat Brand awareness
dikembangkan dari teori Brand awareness oleh Aaker (1996) dan Surachman (2008) yang
terdiri dari top of mind, Brand recall, Brand recognition, dan unaware of Brand.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tidak terstruktur, observasi,
dan kuesioner kepada 90 orang. Pengumpulan data dilakukan kepada responden berumur 25
hingga lebih dari 40 tahun. Responden dipilih dengan menggunakan convenience sampling.
Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif dan diuji dengan menggunakan Korelasi
Rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden (sebanyak
51%) masih sangat tidak aware dan tidak aware akan keberadaan dari Happy Fresh dalam
industri jasa pengiriman online. Brand awareness memiliki hubungan yang positif dengan
persepsi konsumen mengenai promosi yang sudah dilakukan oleh Happy Fresh di Bandung
yaitu advertising dari website, media news, spanduk di supermarket dan juga sales promotion
yang dilakukan pada hari raya atau hari tertentu. Namun sangat disayangkan sebagian besar
responden yang didapatkan oleh penulis tidak mengetahui promosi yang dilakukan oleh
Happy Fresh. |
en_US |