dc.description.abstract |
Bisnis kafe saat ini sedang marak dan menjadi tren di kota-kota besar, termasuk di
kota Bandung. Sebuah kafe sebaiknya dilengkapi dengan fasilitas yang menarik,
suasana yang nyaman, dan juga hiburan yang dapat memuaskan pelanggannya.
Keberhasilan suatu kafe dapat dilihat dari besarnya penjualan kafe tersebut.
Besarnya penjualan kafe dipengaruhi oleh berbagai hal, antara lain harga, kualitas
produk, lokasi, pelayanan, dan lain-lain. Kepuasan pelanggan merupakan
kombinasi produk dan pelayanan yang memenuhi bahkan melebihi harapan
mereka. Kafe Old Ben’s Garage and Coffee merupakan kafe yang menjual berbagai
jenis minuman dan makanan. Permasalahan yang dialami oleh Kafe Old Ben’s
Garage and Coffee adalah adanya beberapa faktor yang menyebabkan konsumen
merasa kurang puas, yaitu harga yang ditawarkan untuk makanan terlalu mahal,
tempat parkir yang kurang luas, makanan yang dipesan cukup lama dihantarkan.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang bermanfaat
untuk mengetahui karakteristik suatu kelompok dalam situasi tertentu, berpikir
sistematis tentang banyak aspek dalam situasi tertentu, memberikan ide untuk
penelitian lebih lanjut. membantu dalam mengambil keputusan. Dalam penelitian ini
pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan
menyebarkan kuesioner kepada 30 orang responden yang makan dan minum di
Kafe Old Ben’s Garage and Coffee.
Penelitian ini menggunakan dimensi yang ada pada bauran pemasaran
jasa. Yang diteliti hanya lima dimensi yaitu produk, harga, proses, karyawan dan
bukti fisik. Dimensi promosi dan tempat tidak digunakan dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai kesenjangan rata-rata tingkat
kepentingan dengan rata-rata tingkat kinerja Kafe Oldben’s Garage and Coffee
untuk dimensi harga (-0.67), bukti fisik (-0.60), produk (-0.21), karyawan (-0.16),
dan proses (0.31).
Berdasarkan Rumah Kualitas, prioritas perbaikan pada karakteristik
teknik yaitu mengembangkan keahlian juru masak (26.7%), mengembangkan
keahlian barista (21.6%), membuat beberapa menu makanan musiman (10.2%) ,
membuat beberapa menu minuman musiman (7.7%) dan menghias kafe sesuai
tema yang sedang menjadi tren (7.7%). |
en_US |