Pengaruh Total Quality Management terhadap inovasi produk pada UMKM industri busana muslim di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Satyarini, Ria
dc.contributor.author Somantri, Kinanti Fitryandita
dc.date.accessioned 2019-01-07T08:12:40Z
dc.date.available 2019-01-07T08:12:40Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36428
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7202
dc.description 23329 - FE en_US
dc.description.abstract Industri ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi tinggi pada peningkatan ekonomi. Peramalan yang dilakukan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menunjukkan subsektor fesyen akan berkembang terutama pada industri busana muslim. Kota Bandung dianggap memberikan kontribusi paling besar dalam perdagangan busana muslim Indonesia. Jumlah pesaing yang terus bertambah membuat para pelaku usaha harus terus mencari cara agar produk lebih unggul dari pesaing. Dengan menerapkan TQM, para pelaku usaha akan menunjukkan keunggulan bersaing. TQM memiliki pengertian pemanfaatan sumber daya yang ada secara optimal untuk mencapai keunggulan.TQM memiliki enam dimensi yaitu leadership, strategic planning, customer focus, information and analysis, people management, dan process management. Inovasi produk memiliki peranan penting dalam memberikan nilai pada suatu produk untuk mempertahankan keunggulan bersaing (Tushman dan Nadler, seperti dikutip oleh Prajogo dan Sohal, 2012). Inovasi produk didefinisikan sebagai proses pengenalan produk atau sistem baru yang membawa keberhasilan bagi perusahaan, pelanggan, dan lingkungan yang lebih luas. Inovasi produk memiliki tujuh dimensi yaitu keunikan dan kebaruan produk yang dikeluarkan, penggunaan inovasi teknologi terbaru dalam mengembangkan produk baru, kecepatan dalam mengembangkan produk baru, jumlah frekuensi dalam mengenalkan produk baru ke pasar, jumlah produk baru yang masuk ke dalam segmen pasar yang baru, produk baru yang dikeluarkan berorientasi pada pelanggan, dan terdapat nilai bagi pelanggan dalam produk. Penelitian ini termasuk sebagai applied research dengan tujuan penelitian causal study. Berdasarkan dimensi waktu penelitian dilakukan menggunakan one shot.Jumlah populasi tidak diketahui karena tidak ada data yang resmi dari BPS ataupun BEKRAF sehingga pengambilan sampel menggunakan rumus Aaker et al. dengan ukuran sampel yang didapat sebanyak 100 perusahaan. Metode pengukuran yang digunakan adalah rating scale dengan skala interval dan jenis pengukuran likert scale. Metode yang digunakan untuk mencari pengaruh adalah regresi linier sederhana. Hasil TQM pada industri busana muslim di Bandung menunjukkan skor sebesar 4,18 dan termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat dikatakan pelaku usaha di Bandung sudah menerapkan TQM. Hasil pada inovasi produk didapatkan skor sebesar 4,05 dan termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pelaku usaha sudah melakukan inovasi produk dengan baik. Lalu TQM memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 38,7% terhadap inovasi produk. Berdasarkan hasil analisis masing-masing dimensi setiap variabel, diperlukan beberapa perbaikan.Pada usaha menengah, TQM perlu diperbaiki pada dimensi process management dengan melihat bahwa setiap karyawan memberikan kontribusi pada perusahan. Serta pada usaha mikro, inovasi produk perlu diperbaiki pada dimensi produk baru yang dikeluarkan berorientasi pada pelanggan. Pelaku usaha dapat lebih melibatkan pelanggan dalam merancang produk. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Total Quality Management en_US
dc.subject inovasi produk en_US
dc.subject UMKM en_US
dc.subject Industri Busana Muslim en_US
dc.title Pengaruh Total Quality Management terhadap inovasi produk pada UMKM industri busana muslim di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014120240
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account