Pengaruh Total Quality Management terhadap kualitas produk pada UMKM industri busana muslim di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Satyarini, Ria
dc.contributor.author Meitiyana
dc.date.accessioned 2019-01-07T05:18:04Z
dc.date.available 2019-01-07T05:18:04Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36430
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7193
dc.description 23331 - FE en_US
dc.description.abstract Industri kreatif memiliki hubungan erat dengan ekonomi kreatif, sehingga ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor yang layak menjadi prioritas. Industri fesyen lebih berpotensi meningkatkan perekonomian negara dibanding industri kuliner dan kriya karena merupakan penyumbang PDB kedua tertinggi dan memegang kontribusi terbesar dalam ekspor ekonomi kreatif. Industri fesyen muslim merupakan industri yang saat ini sedang berkembang di Kota Bandung. Kota Bandung menjadi kiblat busana muslim seiring berkembangnya bisnis fesyen muslim. Maka, persaingan antar pelaku usaha semakin ketat. Untuk menghadapi persaingan yang ketat, para pelaku usaha perlu menghasilkan kualitas produk yang baik dan berdaya saing dengan menerapkan manajemen kualitas secara menyeluruh yaitu dengan Total Quality Management. Total Quality Management adalah strategi manajemen bisnis untuk meningkatkan kualitas manajemen organisasi dan dapat meningkatkan daya saing serta nilai yang diberikan pada pelanggan. Menurut Lee et al. (2010), Total Quality Management terdiri atas 6 (enam) dimensi yaitu leadership, strategic planning, customer focus, information & analysis, people management, dan process management. Kualitas produk adalah kemampuan suatu produk dalam melaksanakan fungsinya, meliputi daya tahan, keandalan, kemudahan operasi dan meningkatkan akurasi. Menurut Garvin, seperti dikutip oleh (Jaskulska, 2013), kualitas produk terdiri atas 8 (delapan) dimensi yaitu performance, features, reliability, conformance, durability, serviceability, aesthetics, dan perceived quality. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui karena minimnya informasi dan data resmi dari BPS maupun BEKRAF, maka sampel minimum yang dapat digunakan yaitu sebesar 97 (sembilan puluh tujuh) perusahaan. Dalam penelitian ini, penulis mendapatkan sampel yang digunakan sebesar 101 (seratus satu) perusahaan. Penelitian ini termasuk penelitian applied research dengan tujuan penelitian causal study yang dilakukan secara one shot dan dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengetahui besar pengaruh Total Quality Management terhadap kualitas produk adalah regresi linier. Hasil Total Quality Management berdasarkan 6 (enam) dimensi yang diukur menghasilkan nilai sebesar 4,17 dan hasil kualitas produk berdasarkan 8 (delapan) dimensi yang diukur menghasilkan nilai sebesar 4,36. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelaku usaha sudah menerapkan Total Quality Management yang maksimal dengan menghasilkan kualitas produk yang maksimal. Lalu, Total Quality Management memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas produk sebesar 0,320. Berdasarkan hasil analisis masing-masing dimensi, perlu beberapa perbaikan. Pada dimensi information & analysis dan people management, yaitu pelaku usaha perlu memberikan pelatihan dan pengembangan kepada karyawan agar kemampuan dan keterampilannya meningkat, sehingga dapat meningkatkan kinerja dalam perusahaan. Pada dimensi reliability yaitu pelaku usaha perlu melakukan inspeksi secara rutin sebelum produk jatuh ke tangan konsumen. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Total Quality Management en_US
dc.subject Kualitas Produk en_US
dc.subject Industri Fesyen Muslim en_US
dc.title Pengaruh Total Quality Management terhadap kualitas produk pada UMKM industri busana muslim di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014120177
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account