Abstract:
Kozi Lab 1.0 merupakan sebuah coffee shop yang terkenal memiliki store atmosphere yang unik dan cita rasa kopi yang nikmat, namun memiliki lokasi yang cukup unik karena terletak di sebuah jalan kecil yang terdapat di jalan Gudang Selatan, Bandung. Berdasarkan preliminary research yang dilakukan kepada 25 responden, ditemukan bahwa Kozi Lab 1.0 memiliki store atmosphere yang unik dan berkonsep kuat namun memiliki kekurangan dari sisi lokasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu seberapa besar pengaruh variabel independen, yaitu lokasi (X1) dan store atmosphere (X2) terhadap variabel dependen yaitu brand preference (Y) Kozi Lab 1.0.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatori dan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi literatur dan penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen Kozi Lab 1.0 yang berada di kota Bandung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan regresi linear berganda.
Lokasi dan store atmosphere berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand preference. Lokasi berpengaruh terhadap brand preference dengan koefisien sebesar 0,216 dan store atmosphere berpengaruh terhadap brand preference dengan koefisien sebesar 0,201. Hasil penelitian ini menjelaskan lokasi dan store atmosphere terhadap brand preference sebesar 78% dan 22%nya adalah variable lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.