Pengaruh user experience terhadap kepuasan merek : studi komparasi antara mobile application Elevenia dan Shopee

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Bugaresta, Ivan
dc.date.accessioned 2019-01-07T04:34:57Z
dc.date.available 2019-01-07T04:34:57Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36383
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7188
dc.description 23284 - FE en_US
dc.description.abstract Elevenia dan Shopee merupakan dua online marketplace yang ada di Indonesia. Elevenia merupakan perusahaan joint venture antara XL Axiata dengan SK Planet dari Korea. Shopee merupakan online marketplace di bawah naungan Garena perusahaan Internet Asia Tenggara. Mayoritas konsumen yang berbelanja secara online di Indonesia adalah anak muda yang berusia di bawah 35 tahun. Berdasarkan hasil preliminary research, penulis mendapatkan bahwa Elevenia berada di peringkat dua terbawah online marketplace yang digunakan oleh konsumen, sedangkan Shopee berada di peringkat dua teratas online marketplace yang digunakan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana user experience Elevenia dan Shopee terhadap kepuasan merek Elevenia dan Shopee. Variabel independen (X) yang digunakan pada penelitian ini yaitu variabel user experience yang terdiri dari dimensi value, adoptability, desirability, dan usability. Variabel dependen (Y) yang digunakan pada penelitian ini yaitu kepuasan merek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi literatur, dan menyebarkan kuesioner kepada 200 orang. 100 untuk pengguna mobile application Elevenia dan 100 untuk pengguna mobile application Shopee. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa value (X1) dan desirability (X3) berpengaruh secara positif terhadap kepuasan merek Elevenia. Untuk Shopee, hasil penelitian menunjukan bahwa desirability (X3) dan usability (X4) berpengaruh positif terhadap kepuasan merek Shopee. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada user experience, didapati bahwa Shopee lebih unggul dibandingkan Elevenia. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject user experience en_US
dc.subject kepuasan merek en_US
dc.subject Elevenia en_US
dc.subject Shopee en_US
dc.title Pengaruh user experience terhadap kepuasan merek : studi komparasi antara mobile application Elevenia dan Shopee en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014120114
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account