Analisis perbedaan persepsi konsumen mengenai retail mix dan preferensi konsumen dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari di retail modern dan retail online

Show simple item record

dc.contributor.advisor Adriani, Leokadia Retno
dc.contributor.author Lumbantobing, Jeremia William Ivan
dc.date.accessioned 2019-01-04T03:29:59Z
dc.date.available 2019-01-04T03:29:59Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36406
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7181
dc.description 23307 - FE en_US
dc.description.abstract Bisnis retail di Indonesia semakin berkembang tiap tahunnya, oleh karena itu tiap pengecer berusaha mengembangkan strateginya jika ingin memenangkan persaingan. Kebutuhan sehari-hari adalah barang utama yang dijual di retail. Retail terbagi menjadi dua yaitu retail tradisional di antaranya adalah warung, kios, dan pedagang kaki lima serta retail modern yang terdiri dari minimarket, supermarket, dan hypermarket. Seiring berkembangnya zaman, muncul retail online contohnya Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee, Go-Mart. Dalam memilih tempat berbelanja yang terbaik, konsumen mempertimbangkan berbagai faktor, oleh karena itu setiap retail harus menyusun strateginya untuk dapat memenuhi permintaan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk melihat perbedaan persepsi konsumen mengenai retail mix dan preferensi konsumen dalam Berbelanja kebutuhan sehari-hari di retail modern dan retail online. Retail mix meliputi location, merchandise assortment, price, communication mix, store display & design, dan customer service (Kotler & Keller, (2012); Berman & Evans, (2010); Dunne & Lusch, (2008); Levy & Weitz, (2009); dan Dennis, Finech, dan Merrilees (2005). Ukuran preferensi konsumen dikembangkan dari hierarchy of effect model menurut Kotler & Keller, (2012), dan Fongana (2009) yaitu awareness, knowledge, liking, preference, conviction, purchase. Menurut Thang dan Tan, (2003) serta Phoebe dan Nyongesa, (2015), persepsi berpengaruh positif terhadap preferensi konsumen. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan data sekunder. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang merupakan ibu-ibu berusia 25-40 tahun yang tinggal di Kota Bandung menggunakan teknik judgemental sampling dengan kriteria konsumen yang pernah berbelanja di toko, dan online. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji paired sample t-test. Hasil dari perhitungan kuesioner didapatkan bahwa : Retail mix pada retail modern dipersepsikan baik. Dimensi retail mix yang dipersepsikan baik yaitu : location, merchandise management, store display & design, customer service. Dimensi yang dipersepsikan cukup baik yaitu : price, dan communication mix. Retail mix pada retail online dipersepsikan cukup baik. Dimensi retail mix yang dipersepsikan baik yaitu : location, price, communication mix. Dimensi retail mix yang dipersepsikan cukup baik yaitu : Merchandise management, store display & design, customer service. Berdasarkan hasil uji paired sample ttest, persepsi konsumen dan preferensi konsumen mengenai retail mix pada retail modern dan retail online sebagai tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari berbeda. Retail mix pada retail modern dipersepsikan lebih baik dari retail online dalam dimensi location, merchandise management, store display & design, customer service. Retail mix pada retail online dipersepsikan lebih baik dari retail modern dalam dimensi price, dan communication mix. Preferensi konsumen dalam membeli barang kebutuhan sehari-hari dipersepsikan lebih tinggi di retail modern dibandingkan di retail online. Konsumen tertarik, lebih menyukai, dan lebih memilih untuk berbelanja di retail modern dibanding retail online. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject bauran ritel (retail mix) en_US
dc.subject persepsi en_US
dc.subject preferensi konsumen en_US
dc.title Analisis perbedaan persepsi konsumen mengenai retail mix dan preferensi konsumen dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari di retail modern dan retail online en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013120151
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409125801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account