Analisis perbandingan Technology Acceptance Model (TAM) konsumen Lazada dan Tokopedia

Show simple item record

dc.contributor.advisor istiharini
dc.contributor.author Putro, Adrian Pramono
dc.date.accessioned 2019-01-03T08:17:44Z
dc.date.available 2019-01-03T08:17:44Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36385
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7177
dc.description 23286 - FE en_US
dc.description.abstract Semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, manusia dapat berbelanja dengan lebih mudah yaitu berbelanja secara online menggunakan ponsel pintar mereka masing - masing. Tokopedia dan Lazada merupakan aplikasi e-commerce yang tentu membantu manusia menghemat waktu untuk tidak perlu melakukan usaha yang besar untuk dapat melakukan pembelian secara online. Dengan berbagai kemudahan yang didapatkan melalui aplikasi e-commerce, konsumen masih memiliki sikap (attitude toward using) dan niat (behavioral intention to use) untuk menggunakan serta penggunaan sebenarnya (actual use) yang rendah dengan alasan, aplikasi e-commerce dipersepsikan tidak berfungsi dengan baik (perceived usefulness) karena mereka merasa aplikasi e-commerce tersebut sulit digunakan (perceive ease of use). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan Technology acceptence model (TAM) yang dimiliki oleh Tokopedia dan Lazada yang dapat mempengaruhi konsumen dalam menggunakan aplikasi e-commerce tersebut. Penelitian ini menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada 220 responden di Bandung dengan kriteria pernah melakukan pembelian melalui Tokopedia maupun Lazada lebih dari 1 kali dalam waktu 1 bulan terakhir. Partial Least Square Structural Equation Modelling(PLS-SEM) digunakan untuk melihat pengaruh independen variabel (perceived usefulness, attitude toward using, behavioral intention to use, dan actua use). Separated T-test digunakan untuk melihat apakah terdapat perbedaan rata - rata antara respon yang menggunakan Tokopedia dan Lazada. Hasil dari penelitian ini adalah perceived ease of use memiliki pengaruh yang signifikan terhadap attitude toward using, kemudian attitude toward using memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioral intention to use dimana actual use dipengaruhi oleh behavioral intention to use. Terdapat perbedaan rata - rata yang signifikan perceived ease of use, perceived usefulness, attitude toward using, behavioral intention to use, actual use responden yang menggunakan Tokopedia dan responden yang menggunakan Lazada. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Tokopedia en_US
dc.subject Lazada en_US
dc.subject Perceived ease of use en_US
dc.subject perceived usefulness en_US
dc.subject attitude toward using en_US
dc.subject behavioral intention to use en_US
dc.subject actual use en_US
dc.title Analisis perbandingan Technology Acceptance Model (TAM) konsumen Lazada dan Tokopedia en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014120050
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account