Dampak strategi pertumbuhan terhadap kinerja PT. Eagle High Plantations, Tbk.

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tan Lian Soei, Catharina
dc.contributor.author Winarsono
dc.date.accessioned 2018-12-21T03:36:52Z
dc.date.available 2018-12-21T03:36:52Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36357
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7145
dc.description 23258 - FE en_US
dc.description.abstract Data European Palm Oil Alliance menyebut bahwa pada tahun 2015 produksi minyak sawit dunia disumbang oleh Indonesia sebesar 53%. Dari sisi permintaan, Peningkatan populasi dunia akan meningkatkan permintaan minyak sawit karena kebutuhan produk berbasis minyak sawit seperti produk makanan, kosmetik dan biofuel atau biodiesel juga meningkat. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyatakan bahwa Indonesia ingin meningkatkan peran CPO dalam ekonomi domestik di tengah terus meningkatnya permintaan dunia akan CPO yang meningkat sekitar 5 juta ton setiap tahunnya. Berdasarkan hal tersebut, PT Eagle High Plantations Tbk (EHP) melakukan strategi pertumbuhan untuk meningkatkan daya saing Perseroan sehingga dapat melebarkan sayap dan menjadi yang terdepan di pasar. Dari latar belakang tersebut, berikut identifikasi masalah yang dirumuskan oleh penulis yaitu apa visi, misi, tujuan dan strategi pertumbuhan yang dilakukan PT EHP, bagaimana kinerja PT EHP dan bagaimana dampak dari strategi terhadap kinerja PT EHP. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelititan deskriptif dengan sumber data dari data sekunder yaitu laporan tahunan PT Eagle High Plantations Tbk tahun 2013 hingga 2016. Teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka yang diperoleh dari buku, data penting yang dipublikasikan oleh perusahaan dan studi literatur ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis terhadap PT Eagle High Plantation Tbk, maka penulis menarik beberapa kesimpulan, yaitu: strategi pertumbuhan perseroan yaitu horizontal integration dengan melakukan akuisisi Green Eagle Holding Pte. Ltd. Dengan tujuan menambah area tertanam dan cadangan lahan. Tujuan jangka panjang perseroan yaitu: (1) meningkatkan produktivitas aset yang ada, (2) keberlanjuntan, mengupayakan pengadaan sertifikat ISPO dan RSPO, (3) Tidak melakukan penanaman tanpa analisis High Carbon Stock (HCS), (4) Berbagai departemen bekerja bersama-sama. Dalam analisis kinerja keuangan perseroan di dapat bahwa kinerja ROA dan ROE yang menurun dari tahun 2013 hingga tahun 2016. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja di tahun 2013 ROA dan ROE paling tinggi dibandingkan tahun 2014, 2015, dan 2016. kas dan setara kas Perseroan mengalami fluktuasi, kenaikan disebabkan oleh kenaikan dari total aktivitas pendanaan dan penurunan disebabkan oleh pengeluaran aktivitas investasi di tahun 2013 dan 2014, peningkatan beban bunga pada aktivitas operasi di tahun 2015 dan 2016. Dari segi penjualan inti kernel mengalami peningkatan terbesar tetapi kontribusi penjualan terbesar disumbang oleh minyak kelapa sawit dengan volume rata-rata 60% dengan harga penjualan tertinggi, kedua oleh PK, PK dengan volume rata-rata 10% paling kecil akan tetapi harga jual rata-rata 2-3 kali lipat dari FFB. FFB volume rata-rata 26% tetapi harga jualnya paling rendah. Dari segi operasional, FFB(TBS) Yield mengalami penurunan 15.9 di tahun 2013 menjadi 10.2 di tahun 2016. CPO (minyak kelapa sawit) Yield mengalami penurunan dari 3,6 di tahun 2013 menjadi 2,4 di tahun 2016. Penurunan ini terjadi karena tanaman menghasilkan yang meningkat tetapi masih berusia muda dan belum prima. Karyawan non staff merupakan karyawan dengan komposisi terbanyak karena perusahaan bergerak di bidang perkebunan yaitu menanam pohon kelapa sawit, memanen tandan buah segar (TBS) dari pohon-pohon tersebut, dan mengolahnya untuk memproduksi CPO dan inti sawit (PK) sehingga memerlukan karyawan yang cukup banyak di lapangan/perkebunan. Saran penulis berdasarkan penelitiannya: (1) Meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam operasional perseroan. (2) Peningkatan Learning organization misalnya dengan rotasi karyawan di pabrik yang berbeda untuk saling berbagi ilmu dan belajar hal baru. (3) Mempublikasikan perkembangan sertifikasi ISPO dan RSPO dalam meningkatkan citra perusahaan yang berkelanjutan. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject strategi pertumbuhan en_US
dc.subject analisis kinerja keuangan en_US
dc.subject analisis kinerja non keuangan en_US
dc.title Dampak strategi pertumbuhan terhadap kinerja PT. Eagle High Plantations, Tbk. en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012120112
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408026002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account