Penilaian pengendalian internal pada siklus pendapatan untuk mencegah risiko fraud : studi kasus pada Grand Serela Setiabudhi Hotel

Show simple item record

dc.contributor.advisor Manurung, Elizabeth Tiur
dc.contributor.author Tobing, Elvina Oktavia
dc.date.accessioned 2018-10-25T06:20:44Z
dc.date.available 2018-10-25T06:20:44Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36237
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7049
dc.description 23138 - FE en_US
dc.description.abstract Di zaman modern ini, khususnya bidang pariwisata dan perhotelan, masing-masing perusahaan berpacu untuk mengikuti perkembangan zaman dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Banyak cara dan sistem-sistem baru yang dibuat agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Sehingga tak jarang, sistem yang dibuat tersebut tanpa sadar memiliki celah-celah tersendiri. Celah-celah tersebut dapat digunakan oleh para karyawan untuk melakukan kelalaian ataupun fraud. Penelitian ini berfokus pada penilaian pengendalian internal pada siklus pendapatan untuk mencegah risiko kecurangan (fraud). Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan jasa yang bergerak di bidang perhotelan, yaitu Grand Serela Setiabudhi Hotel. Fraud risk assessment dilakukan terbatas hanya pada bagian front office dan menyangkut kegiatan pemesanan dan pembayaran kamar. Internal control yang terdapat di perusahaan akan diteliti dan diperkirakan celah-celah yang menyebabkan fraud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive study. Penelitian dilakukan dengan cara observasi, walk-through procedure, wawancara dan pembagian kuesioner. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa perusahaan sudah memiliki dan menjalankan internal control dengan relatif baik, sehingga beberapa risiko yang teridentifikasi cenderung tidak perlu diambil langkah besar dalam perbaikannya. Beberapa contoh internal control yang baik di perusahaan yaitu sudah adanya kebijakan yang jelas terkait kode etik dan standar perilaku karyawan, juga sudah adanya job description yang jelas, dimana hal-hal ini memberikan gambaran yang lebih jelas kepada karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Perusahaan juga sudah mengadakan training yang diberikan sebelum karyawan bergabung dengan perusahaan, dimana hal ini berguna untuk menyamakan pandangan serta visi & misi perusahaan dan karyawan baru. Terkait dengan pengawasan, sudah dilakukan lewat pengawasan langsung maupun pengawasan lewat cctv, sehingga dapat mengurangi kesempatan bagi karyawan yang ingin melakukan kecurangan. Namun untuk menghindari adanya kecurangan yang akan mendatangkan kerugian di kemudian hari, diharapkan perusahaan untuk dapat mempertahankan kepatuhan karyawan pada internal control yang sudah dibuat. Harus selalu ditekankan bahwa diberlakukannya reward and punishment di perusahaan, dimana setiap kinerja yang baik akan diberikan penghargaan dan tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman yang setimpal. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject fraud en_US
dc.subject fraud risk assesment en_US
dc.subject internal control en_US
dc.subject perusahaan jasa en_US
dc.title Penilaian pengendalian internal pada siklus pendapatan untuk mencegah risiko fraud : studi kasus pada Grand Serela Setiabudhi Hotel en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013130244
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0425016101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account