Peranan aktivitas pengendalian dalam meningkatkan efektivitas siklus penjualan : studi kasus pada Kantor Pusat PT. N

Show simple item record

dc.contributor.advisor Setiawan, Amelia
dc.contributor.author Wijaya, Charly
dc.date.accessioned 2018-10-25T03:21:43Z
dc.date.available 2018-10-25T03:21:43Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36210
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/7021
dc.description 23113 - FE en_US
dc.description.abstract Perkembangan industri otomotif yang cukup cepat membuat banyak pemain baru yang tertarik masuk ke sektor ini. Hal ini membuat persaingan semakin ketat dan memberikan tantangan-tantangan baru bagi setiap perusahaan. Untuk dapat terus bersaing dan mempertahankan eksistensinya, setiap perusahaan perlu dapat menyesuaikan diri dengan menciptakan berbagai strategi baru dan upaya-upaya perbaikan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menerapkan aktivitas pengendalian yang tepat guna memastikan tercapainya tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur siklus penjualan dan penerapan aktivitas pengendalian pada jasa servis di PT N dalam upaya meningkatkan efektivitas siklus penjualan di PT N. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, yaitu metode yang mengumpulkan data untuk mendeskripsikan karakteristik dari orang, kejadian atau situasi yang sedang diteliti. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Perusahaan yang menjadi objek penelitian penulis adalah PT N yang bergerak di bidang penjualan jasa servis kendaraan bermotor di Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kerangka kerja aktivitas pengendalian COSO Enterprise Risk Management - Integrated Framework. Dalam kerangka kerja ini, aktivitas pengendalian memiliki tujuh elemen yaitu: otorisasi yang tepat atas transaksi dan aktivitas; pemisahan fungsi; pengembangan proyek dan pengendalian akuisisi; pengendalian manajemen perubahan; disain dan penggunaan dokumen serta catatan; pengamanan aset, catatan, dan data; serta pengecekan independen atas kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT N memiliki struktur organisasi dan uraian tugas yang dapat menjelaskan pembagian tanggung jawab dan wewenang masing-masing bagian. Namun belum dibuat secara tertulis dalam bentuk dokumen. Prosedur penjualan dan penerapan aktivitas pengendalian pada penerimaan pesanan, pengerjaan servis, penagihan pembayaran, dan penerimaan kas di PT N telah cukup memadai. Cara meningkatkan efektivitas dalam siklus penjualan di PT N adalah dengan perbaikan pada penerapan aktivitas pengendalian yang lebih menyeluruh sehingga dapat mencegah risiko dan ancaman baik dari pihak dalam maupun luar perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis memberi saran perusahaan membuat struktur organisasi dan uraian tugas secara tertulis, merancang ulang dokumen Lembar Pemeriksaan Kendaraan dan Surat Izin Keluar Kendaraan, adanya otorisasi pada aktivitas yang dilakukan oleh kasir dan bagian akunting, membuat standar operasional prosedur tertulis, serta melakukan pengecekan independen secara rutin. Apabila memungkinkan sebaiknya perusahaan menambah karyawan di bagian piutang karena bagian ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup besar. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject sistem informasi akuntansi en_US
dc.subject siklus penjualan en_US
dc.subject aktivitas pengendalian en_US
dc.subject efektivitas en_US
dc.title Peranan aktivitas pengendalian dalam meningkatkan efektivitas siklus penjualan : studi kasus pada Kantor Pusat PT. N en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013130163
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0422087701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account