Pemeriksaan operasional terhadap proses produksi untuk mengurangi masalah keterlambatan penyelesaian pesanan pelanggan : studi kasus pada CV. Anugerah

Show simple item record

dc.contributor.advisor Djajadikerta, Hamfri
dc.contributor.author Sumolang, Trianne Sukmaanthoneta
dc.date.accessioned 2018-10-18T06:46:39Z
dc.date.available 2018-10-18T06:46:39Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36280
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6972
dc.description 23181 - FE en_US
dc.description.abstract Perkembangan globalisasi mengakibatkan perusahaan menghadapi tantangan yang cukup besar yaitu adanya perdagangan bebas yang mengakibatkan dunia usaha memiliki persaingan yang cukup ketat. Perusahaan dituntut untuk meningkatkan keunggulan bersaing agar dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Salah satu cara agar perusahaan dapat meningkatkan keunggulan bersaing yaitu perusahaan harus dapat menciptakan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat dilihat dari segi kualitas yang baik, harga yang kompetitif dan ketepatan waktu dalam penyelesaian pesanan. Jika penyelesaian proses produksi dan pengiriman kepada pelanggan selalu tepat waktu maka akan menciptakan kepercayaan pelanggan terhadap kinerja perusahaan. Jika kepercayaan tersebut tersebut meningkat maka kepuasan pelanggan dan keunggulan bersaing pun dapat meningkat. Dalam industri manufaktur, proses produksi merupakan bagian yang cukup penting. Oleh karena itu, perlu dilakukannya pemeriksaan operasional terhadap proses produksi untuk melihat apakah sudah berjalan efektif dan efisien. Melalui pemeriksaan operasional dapat diketahui masalah dan kelemahan yang sedang dialami oleh perusahaan dan mencari penyebab terjadinya masalah agar dapat diberikan rekomendasi untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah yang dialami oleh CV Anugerah sebagai objek penelitian yaitu keterlambatan penyelesaian pesanan pelanggan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan operasional terhadap proses produksi untuk mengurangi masalah keterlambatan penyelesaian pelanggan pada CV Anugerah. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi, pengumpulan data-data tertulis perusahaan dan studi kepustakaan. Kemudian data tersebut diolah menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa keterlambatan penyelesaian pesanan pelanggan yang dialami CV Anugerah selama bulan Oktober 2017-Maret 2018 yaitu rata-rata 54,33% dari total pesanan setiap bulan. Total kerugian selama bulan Oktober 2017-Maret 2018 yang dialami oleh perusahaan akibat masalah tersebut sebesar Rp 7.004.079. Keterlambatan penyelesaian pesanan pelanggan disebabkan oleh 5 faktor yaitu faktor (1) bahan baku, (2) metode, (3) manusia, (4) mesin dan (5) lingkungan. Dari 5 faktor tersebut, penyebab keterlambatan lebih didominasi oleh faktor metode. Tetapi, faktor bahan baku, mesin dan juga metode sangat dipengaruhi oleh faktor manusia. Oleh karena itu, faktor manusia juga yang dapat mempengaruhi penyebab terjadinya masalah keterlambatan penyelesaian pelanggan. Selain itu juga sifat dari penyebab masalah ada yang bersifat controllable dan uncontrollable. Sifat penyebab masalah lebih didominasi oleh yang bersifat controllable yang merupakan faktor yang dapat dikendalikan oleh perusahaan. Untuk itu, penulis memberikan rekomendasi kepada perusahaan sebagai langkah perbaikan dan diharapkan melalui rekomendasi tersebut dapat membantu perusahaan untuk dapat mengurangi masalah keterlambatan penyelesaian pesanan pelanggan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Pemeriksaan Operasional en_US
dc.subject Produksi en_US
dc.subject Keterlambatan Penyelesaian Pesanan en_US
dc.title Pemeriksaan operasional terhadap proses produksi untuk mengurangi masalah keterlambatan penyelesaian pesanan pelanggan : studi kasus pada CV. Anugerah en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014130155
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408036001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account