Studi variasi penampang pilar tinggi pada jembatan mengacu pada kriteria "Seismic Design - Caltrans"

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sagara, Altho
dc.contributor.author Ferbian, Kenny
dc.date.accessioned 2018-09-15T05:36:48Z
dc.date.available 2018-09-15T05:36:48Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36090
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6896
dc.description 6258 - FTS en_US
dc.description.abstract Indonesia merupakan negara berkembang yang memerlukan banyak pembangunan infrastruktur – infrastruktur. Banyaknya lembah dan bukit di Indonesia, membuat diperlukannya jembatan pilar tinggi untuk menghubungkan lokasi. Hal yang harus diperhatikan dalam desain pilar jembatan adalah SNI 2833 – 2016 mengenai beban gempa, SNI 1725 – 2014 mengenai pembebanan pada jembatan, kriteria Seismic Design, Caltrans mengenai periode dan kekakuan, dan efek kelangsingan. Studi kasus dilakukan dengan memodelkan jembatan dengan tinggi 67 m, 57 m, dan 54 m yang menggunakan 2 jenis penampang yaitu penampang beton full dan penampang beton hollow. Analisis dibantu software komersial MIDAS CIVIL. Dimensi pilar yang digunakan berkisar antara 2 Meter – 6 Meter untuk kedua jenis penampang, dengan nilai rasio tulangan berkisar 1,01% - 7,04%. Nilai perioda struktur yang didapat harus memiliki nilai antara 2,1 second – 4,28 second dan kekakuan struktur antara 0,25 - 0,43 agar memenuhi keseimbangan kekakuan dan keseimbangan periode sesuai kriteria Caltrans. Pada hasil desain, nilai periode pada struktur dengan penampang beton full memiliki nilai antara 2,69 – 3,06, sedangkan pada penampang beton hollow memiliki nilai antara 2,70 – 3,12. Faktor perbesaran pada beton full memiliki nilai antara 1,01 - 1,21 dan untuk penampang beton hollow memiliki nilai antara 1,018 – 1,26. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject Perioda dan Kekakuan en_US
dc.subject Efek Kelangsingan en_US
dc.subject Kriteria Caltrans en_US
dc.subject Keseimbangan Kekakuan en_US
dc.subject Keseimbangan Periode en_US
dc.subject Rasio Tulangan en_US
dc.title Studi variasi penampang pilar tinggi pada jembatan mengacu pada kriteria "Seismic Design - Caltrans" en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014410184
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420029101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI610#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account