Pengaruh perubahan rasio arus lalu lintas dan jarak antara simpang terhadap kinerja green wave

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tjan, Aloysius
dc.contributor.advisor Wasanta, Tilaka
dc.contributor.author Subagja, Bintang Adi
dc.date.accessioned 2018-09-06T06:20:47Z
dc.date.available 2018-09-06T06:20:47Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp36056
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6823
dc.description 6224 - FTS en_US
dc.description.abstract Green wave merupakan konsep koordinasi sinyal lalu lintas simpang-simpang yang berdekatan yang bertujuan untuk mengupayakan kendaraan yang bergerak meninggalkan satu simpang memperoleh lampu hijau pada simpang selanjutnya. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari penerapan green wave yaitu berkurangnya waktu tundaan dan panjang antrean. Di samping itu, keberhasilan kinerja green wave dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti jarak antara simpang dan rasio arus lalu lintas antara pendekat mayor dan minor. Skripsi ini meneliti mengenai seberapa besar pengaruh kedua faktor tersebut terhadap kinerja green wave dengan membuat simulasi persimpangan yang menerapkan green wave pada perangkat lunak Vissim. Berdasarkan hasil simulasi dengan kondisi jarak antara simpang 200 meter dengan variasi rasio arus lalu lintas 0,5 hingga 0,9, rentang tingkat perbaikan waktu tundaan akibat penerapan green wave berkisar antara 54% hingga 29%, sedangkan pada kondisi jarak 2000 meter dengan variasi rasio arus yang sama, rentang tingkat perbaikannya berkisar antara 22% hingga -3%. Pada kondisi rasio arus lalu lintas 0,5 dengan variasi jarak antara simpang 200 meter hingga 2000 meter, rentang tingkat perbaikan waktu tundaan berkisar antara 54% hingga 22%, sedangkan pada rasio arus 0,9 dengan variasi jarak yang sama, rentang tingkat perbaikannya berkisar antara 29% hingga -3%. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject Persimpangan en_US
dc.subject simulasi en_US
dc.subject green wave en_US
dc.subject jarak antara simpang en_US
dc.subject rasio arus en_US
dc.title Pengaruh perubahan rasio arus lalu lintas dan jarak antara simpang terhadap kinerja green wave en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014410097
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403035801
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0431079301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI610#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account