Abstract:
Jakarta merupakan kota megapolitan yang luas membutuhkan sarana dan prasarana angkutan
umum yang cukup banyak agar kebutuhan masyarakat akan jasa angkutan tersebut dapat
terpenuhi. Pemerintah daerah telah menyediakan sarana transportasi umum, yaitu Bus
TransJakarta. Merujuk pada Smart City adalah penerapan konsep kota cerdas yang
mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pemerintah DKI
Jakarta telah menyediakan aplikasi Qlue untuk menunjang keberhasilan program ini. Pada
penelitian ini dilakukan pengukuran kualitas pelayanan aplikasi Qlue yang menjadi sarana
pengaduan warga DKI Jakarta terkait permasalahan fasilitas operasi Bus TransJakarta, berdasarkan
tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan penggunanya yang mengacu pada Evaluasi Heuristic
sebagai pendekatan dalam melakukan evaluasi terhadap suatu sistem manusia-mesin (man-machine
system) kaitannya dengan kemudahan penggunaan sistem (usability) dan keandalan
sistem (reliability). Analisis kualitas pelayanan pada penelitian ini menggunakan metode
Importance Performance Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlu ada perbaikan
pelayanan secara mendesak pada aspek feedback, efficiency, reliability 2, dan reliability 3.