Abstract:
PT SAMSUNG ELECTRONICS Indonesia adalah perusahaan asal Korea Selatan yang menjual berbagai barang elektronik, mulai dari TV, lemari pendingin, Telepon, Handphone dan Smartphone. Smartphone SAMSUNG beraneka ragam tipe dan dijual berdasarkan rentang harga tertentu, yang paling tinggi ada Note dan S, lalu tipe A, dan kemudian tipe J.
Penjualan Smartphone SAMSUNG menduduki market share paling banyak tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Menurut analisa Penulis masyarakat membeli smartphone samsung karena nama baik samsung di dunia sehingga tidak ada kekhawatiran masyarakat jika setelah membeli dan mengkonsumsi produk tersebut. Analisa ini berbanding lurus dengan wawancara penulis dengan 10 orang teman mahasiswa di Universitas Katolik Parahyangan yang memiliki smartphone samsung dengan tipe SAMSUNG GALAXY J5. Hasil wawancara tersebut menjadi dasar penulis untuk melakukan penelitian lebih jauh mengenai Pengaruh Brand Image SAMSUNG GALAXY J5 terhadap Brand Trust PT. SAMSUNG ELECTRONICS Indonesia. Penulis ingin mencari tahu apakah Brand Image SAMSUNG GALAXY J5 mempengaruhi Brand Trust PT. SAMSUNG ELECTRONICS Indonesia.
Jenis Penelitan yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah eksplanatori dengan tipe Hubungan Kausal. Metode penelitian yang dipakai adalah metode survey. Teknik pengambilan sampling yang dilakukan penulis adalah purposive sampling. Dengan jumlah responden sebanyak 150 responden yang merupakan pengguna SAMSUNG GALAXY J5 di Jakarta.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara Brand Image SAMSUNG GALAXY J5 terhadap Brand Trust PT SAMSUNG ELECTRONICS Indonesia.