Diplomasi publik Indonesia dalam mempromosikan pariwisata di Singapura melalui "Wonderful Indonesia" (2011-2017)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Djelantik, Sukawarsini
dc.contributor.author Hadiarto, Regina Rosaria
dc.date.accessioned 2018-07-11T02:48:40Z
dc.date.available 2018-07-11T02:48:40Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp35973
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6456
dc.description 8240 - FISIP en_US
dc.description.abstract Indonesia melakukan diplomasi publik terhadap Singapura untuk mempromosikan pariwisata melalui Wonderful Indonesia. Penelitian ini mendeskripsikan implementasi diplomasi publik Indonesia di Singapura melalui kegiatan yang memiliki unsur seni-budaya, pemanfaatan saluran komunikasi, dan keterlibatan aktor-aktor dalam kegiatan tersebut. Diplomasi publik Indonesia melibatkan berbagai pemangku kepentingan dari latar belakang yang berbeda, mulai dari perwakilan resmi negara, pelaku bisnis, individu (masyarakat), lembaga pendidikan serta pelatihan, dan media. Kegiatan yang memiliki unsur seni-budaya terlihat dari partisipasi Indonesia dalam “Parade Chingay”, pameran budaya dan kuliner khas Indonesia di beberapa lokasi strategis di Singapura, dan partisipasi guru serta siswa-siswi Sekolah Indonesia Singapura (SIS) dalam acara-acara kemasyarakatan. Pemanfaatan saluran komunikasi dilakukan melalui kerja sama dengan pelaku bisnis, yaitu Singapore Airlines, AirAsia Singapura, dan Google. Selain itu, Indonesia juga menghadirkan tayangan televisi berjudul Wonderful Indonesia Flavours dan program Familiarization Trip (FamTrip) yang berkolaborasi dengan social media influencers asal Singapura. Seluruh kegiatan bertujuan untuk menyebarluaskan kebudayan Indonesia dan membina hubungan dengan masyarakat Singapura guna mewujudkan citra dan reputasi pariwisata yang positif. Meskipun demikian, peranan media dalam diplomasi publik Indonesia di Singapura masih kurang optimal karena belum adanya pemanfaatan media lokal Singapura secara maksimal. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject diplomasi publik en_US
dc.subject Wonderful Indonesia en_US
dc.subject pariwisata en_US
dc.subject Indonesia en_US
dc.subject Singapura en_US
dc.title Diplomasi publik Indonesia dalam mempromosikan pariwisata di Singapura melalui "Wonderful Indonesia" (2011-2017) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014330024
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416066401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account