Abstract:
Indonesia melakukan diplomasi publik terhadap Singapura untuk mempromosikan pariwisata melalui Wonderful Indonesia. Penelitian ini mendeskripsikan implementasi diplomasi publik Indonesia di Singapura melalui kegiatan yang memiliki unsur seni-budaya, pemanfaatan saluran komunikasi, dan keterlibatan aktor-aktor dalam kegiatan tersebut. Diplomasi publik Indonesia melibatkan berbagai pemangku kepentingan dari latar belakang yang berbeda, mulai dari perwakilan resmi negara, pelaku bisnis, individu (masyarakat), lembaga pendidikan serta pelatihan, dan media. Kegiatan yang memiliki unsur seni-budaya terlihat dari partisipasi Indonesia dalam “Parade Chingay”, pameran budaya dan kuliner khas Indonesia di beberapa lokasi strategis di Singapura, dan partisipasi guru serta siswa-siswi Sekolah Indonesia Singapura (SIS) dalam acara-acara kemasyarakatan. Pemanfaatan saluran komunikasi dilakukan melalui kerja sama dengan pelaku bisnis, yaitu Singapore Airlines, AirAsia Singapura, dan Google. Selain itu, Indonesia juga menghadirkan tayangan televisi berjudul Wonderful Indonesia Flavours dan program Familiarization Trip (FamTrip) yang berkolaborasi dengan social media influencers asal Singapura. Seluruh kegiatan bertujuan untuk menyebarluaskan kebudayan Indonesia dan membina hubungan dengan masyarakat Singapura guna mewujudkan citra dan reputasi pariwisata yang positif. Meskipun demikian, peranan media dalam diplomasi publik Indonesia di Singapura masih kurang optimal karena belum adanya pemanfaatan media lokal Singapura secara maksimal.