Abstract:
Judul Penelitian skripsi ini adalah Kepuasan Pengguna Jasa Pelayanan di
Tujuh Pemakaman Umum Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeksripsikan tingkat kepuasan pengguna layanan di Pemakaman Umum Kota
Bandung. Penelitian ini menggunakan 5 dimensi kepuasan yaitu, Responsiveness,
Reliability, Empathy, Assurance dan Tangibles.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian desktiptif kuantitatif dengan
menggunakan metode pengumpulan data kuesioner dan wawancara. Sampel yang
diambil dalam penelitian sebanyak 150 responden pengguna layanan Pemakaman
Umum Kota Bandung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna jasa
pelayanan di tujuh Pemakaman Umum Kota Bandung masuk dalam kategori
cukup puas. Hal tersebut dikarenakan pelayanan yang diberikan oleh pelayanan di
tujuh Pemakaman Umum Kota Bandung telah setara dengan persepsi dari
pengguna layanan. Sementara Tingkat kepuasan pengguna layanan dari setiap
dimensi kepuasan menunjukkan bahwa tingkat kepuasan paling tinggi ada pada
dimensi Reliability dan tingkat kepuasan paling rendah ada pada dimensi Empathy
atau jika diurutkan dari yang tertinggi sampai yang terendah adalah Reliability,
Responsiveness, Assurance, Tangibles dan Empathy.