Kontribusi Facebook dalam pengembangan bisnis perusahaan multinasional L'Oreal di Indonesia pada era baru digital

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dwikardana, Sapta
dc.contributor.author Irfany, Nadya Ridha
dc.date.accessioned 2018-07-10T03:39:53Z
dc.date.available 2018-07-10T03:39:53Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp359670
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6397
dc.description 8234 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian yang berjudul “Kontribusi Facebook dalam Pengembangan Bisnis Perusahaan Multinasional L’Oreal di Indonesia Pada Era Baru Digital” ini membahas bagaimana perusahaan multinasional seperti L’Oreal mengikuti kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, dengan memanfaatkan Facebook yang memudahkannya dalam mengembangkan hubungan bisnisnya dengan perusahaan multinasional lainnya. Media sosial seperti Facebook yang seringkali dipahami hanya sebagai jaringan pertemanan nyatanya lebih dari itu, yaitu memunculkan kompetisi digital bagi para pelaku bisnis. Untuk menghadapi kompetisi digital pada media sosial, umumnya perusahaan membangun atau mengembangkan hubungan bisnis dengan perusahaan multinasional lainnya yang ahli dalam analisis data digital kliennya. Penelitian ini bertujuan agar para pembaca memahami bagaimana kontribusi Facebook dalam pengembangan hubungan bisnis perusahaan multinasional di Indonesia pada era baru digital. Facebook sebagai “penjara tanpa dinding” dilihat dari panoptikon digital, dikarenakan Facebook adalah media dari terjadinya pengawasan digital. Pengawasan digital ini yang memudahkan suatu perusahaan dalam melihat peluang mengembangkan hubungan bisnis dengan perusahaan multinasional lainnya. Globalisasi, Social Network Sites, Network Society, dan Hiperealitas adalah konsep yang mendukung penelitian ini. Globalisasi dan era baru digital erat kaitannya dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan aktor-aktor dalam hubungan internasional, salah satunya perusahaan multinasional. Metode penelitian ini bersifat kualitatif eksplanatif, dikarenakan adanya analisis dan interpretasi terhadap isu hubungan internasional. Metode kualitatif yang digunakan juga bersifat deskriptif dan analisis. Penelitian ini bertujuan agar pembaca memperoleh wawasan dan memahami fenomena yang ada. Metode penelitian kualitatif juga umumnya membuat penulis membenamkan diri pada fenomena hubungan internasional yang di telitinya, juga fokus pada proses dan pengalaman. L’Oreal yang memiliki pangsa pasar sebesar 12% di seluruh dunia menjalin hubungan bisnis dengan beragam perusahaan multinasional lainnya. Perusahaan melancarkan strategi bisnisnya di media digital dan mengikuti tren yang ada untuk menjangkau tim, para konsumen, mengawasi kompetitornya, maupun upaya-upaya lain dalam mengembangkan bisnisnya. Salah satunya seperti di Indonesia yang masyarakatnya cerdas digital dan diperkirakan akan menjadi mobile-only market dikemudian hari. Perusahaan multinasional adalah salah satu aktor nonnegara dalam hubungan internasional yang memanfaatkan kemajuan globalisasi dan digitalisasi ini. Penelitian ini penting untuk studi hubungan internasional, karena pembahasannya berkaitan erat mengenai media dan komunikasi yang menjadi isu global. en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Facebook en_US
dc.subject Pengawasan Digital en_US
dc.subject Panoptikon en_US
dc.subject Indonesia en_US
dc.subject L’Oreal en_US
dc.title Kontribusi Facebook dalam pengembangan bisnis perusahaan multinasional L'Oreal di Indonesia pada era baru digital en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014330170
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423096101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account