Penyelesaian sengketa antara konsumen dengan PT. Lazada atas kekeliruan informasi penjualan dalam laman Lazada berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999

Show simple item record

dc.contributor.advisor Waluyo, Bernadette M.
dc.contributor.author Adamas, Rayhan Rafi
dc.date.accessioned 2018-06-04T07:17:40Z
dc.date.available 2018-06-04T07:17:40Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp35723
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/6206
dc.description 3990 - FH en_US
dc.description.abstract Transaksi elektronik adalah perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan komputer, jaringan komputer, dan/atau media elektronik lainnya. Di antara banyaknya layanan e-commerce yang ada di Indonesia, salah satu yang populer adalah toko online Lazada. Perusahaan lazada Indonesia melakukan sebuah inovasi dengan memberikan pelayanan yang berbeda dari situs-situs jual beli online yang ada sebelumnya. Selain itu Lazada juga memberikan jaminan bahwa barang pasti akan dikirim atau jaminan uang kembali jika barang tidak sesuai dengan pesanan. Dalam kasus yang terjadi antara konsumen dengan Pelaku Usaha (Lazada), konsumen yang bernama Achmad membeli 1 unit sepeda motor honda vario, 3 unit sepeda motor Honda Revo. Saat pembayaran sudah dilakukan ternyata situs laman pembelian ditutup. Lalu secara sepihak, pihak Lazada melakukan tindakan refund menggunakan voucher yang hanya bisa dipakai di Lazada lagi. Akhirnya timbul lah sengketa antara kedua belah pihak. Bagi pihak yang tidak melakukan kewajiban sesuai dengan perjanjian yang disepakati dapat digugat oleh pihak yang merasa dirugikan untuk mendapat ganti rugi. Lazada sebagai pelaku usaha seharusnya mematuhi yang diatur dalam Pasal 7 Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang selanjutnya disebut sebagai UUPK. en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum - UNPAR en_US
dc.subject Transaksi Elektronik en_US
dc.subject Hak dan Kewajiban en_US
dc.subject Wanprestasi en_US
dc.subject Lazada en_US
dc.subject Penyelesaian Sengketa en_US
dc.title Penyelesaian sengketa antara konsumen dengan PT. Lazada atas kekeliruan informasi penjualan dalam laman Lazada berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013200123
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401085801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI605#Ilmu Hukum


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account