Abstract:
Produk untuk Mengetahui Profitabilitas Produk-Studi Kasus pada
Persaingan yang semakin meningkat menuntut perusahaan untuk meningkatkan posisinya.
Salah satu industri yang terus berkembang saat ini adalah industri salon kecantikan. Dalam
menghadapi persaingan, perusahaan menerapkan strategi-strategi pemasaran untuk menarik
perhatian konsumen yaitu dengan menawarkan kualitas pelayanan dan fasilitas yang
memadai.
Perhitungan harga pokok produk dibutuhkan untuk mengetahui laba dari setiap
produk. Laba rugi setiap produk merupakan selisih antara pendapatan dari hasil penjualan
suatu jenis produk dengan biaya yang dikeluarkan untuk menangani atau membuat suatu
produk. Kesalahan dalam melakukan perhitungan harga pokok produk dapat berdampak
negatif bagi perusahaan yang akan menyebabkan perusahaan salah mengambil keputusan.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analitis
yaitu penulis mengumpulkan data yang menggambarkan masalah yang diteliti kemudian
diolah dan dianalisis. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi perusahaan yang
berkaitan dengan masalah yang diteliti. Unit penel
merupakan salah satu salon kecantikan di Bandung yang melayani berbagai pelayanan
seperti hair cut, colouring, creambath, dll.
Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, perusahaan tidak pernah menghitung
harga pokok produknya. Setelah menghitung harga pokok produk menggunakan activity
based costing, ditemukan bahwa semua pelayanan yang diteliti menguntungkan dan produk
yang paling menguntungkan adalah hair cut dan cuci blow. Ditemukan juga bahwa aktivitas
yang biayanya tinggi adalah aktivitas penataan rambut. Hal ini disebabkan oleh waktu
pengerjaan yang lebih lama dari aktivitas lain dan juga adanya pemakaian hair dryer yang
watt-nya tinggi. Dengan adanya informasi dari perhitungan harga pokok produk
menggunakan activity based costing, perusahaan dapat mengevaluasi harga jual dan
memfokuskan penjualan pada pelayanan yang menguntungkan. Informasi harga pokok
produk tersebut diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan oleh pihak Salon R'2 dalam upaya meningkatkan laba dan untuk kemajuan perusahaan.