Usulan bauran pemasaran berdasarkan segmenting, targeting, dan positioning pada online shop Chink Make Up untuk meningkatkan penjualan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sandy, Ignatius
dc.contributor.advisor Tanara, Monika S.
dc.contributor.author Kweenisky, Kenny Dwista
dc.date.accessioned 2018-05-22T08:05:13Z
dc.date.available 2018-05-22T08:05:13Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp35612
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5995
dc.description 4616 - FTI en_US
dc.description.abstract Chink Make-Up adalah toko yang menjual kosmetik secara online. Data menunjukkan bahwa rata-rata penjualan mengalami penurunan sebesar -3,61% dari bulan September 2016 hingga Agustus 2017. Penurunan penjualan disebabkan oleh pemilihan metode pemasaran yang kurang baik. Minimnya pengalaman dan pengetahuan owner merupakan faktor utama dalam pemilihan metode pemasaran yang bersifat trial and error. Faktor lainnya yang menyebabkan penurunan penjualan adalah Chink Make-Up tidak mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumennya, sehingga metode penawaran produk saat ini masih belum mencapai keinginan konsumen. Untuk mengetahui faktor apa saja yang dipertimbangkan oleh konsumen, dilakukan studi literatur dan wawancara untuk mengetahui faktor tersebut. Kuesioner dibuat berdasarkan elemen penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara. Penyebaran kuesioner kepada konsumen Chink Make-Up dilakukan secara online. Data hasil kuesioner tersebut dilakukan uji validitas dan reliabilitas, dan kemudian dilakukan clustering menggunakan metode K-Means Cluster. Hasilnya adalah konsumen Chink Make-Up terbagi menjadi 5 segmen, dengan segmen 1 sebagai konsumen yang berbelanja make-up sehari-hari dengan pertimbangan yang minim (trusted shop seeker), segmen 2 adalah konsumen yang berbelanja make-up karena motivasi impulsive dengan pertimbangan online shop harus memiliki predikat trusted (impulsive buyer), segmen 3 adalah konsumen yang sangat pemilih serta paling sering melakukan akses internet (social media shopper), segmen 4 adalah konsumen yang membeli kosmetik di saat membutuhkan (purposive buyer), dan segmen 5 adalah konsumen yang berbelanja sehari-hari dan memiliki karakter yang cukup pemilih (sensitive price buyer). Usulan e-marketing mix (product, price, place, promotion, personalization, privacy, customer service, community, site, security, sales promotion) akan ditujukan kepada segmen 3 sebagai primary target market, dan juga segmen 5 sebagai secondary target. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan bauran pemasaran berdasarkan segmenting, targeting, dan positioning pada online shop Chink Make Up untuk meningkatkan penjualan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014610124
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417086803
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account