Usulan bauran pemasaran berdasarkan analisis STP untuk meningkatkan penjualan Gold's Gym Braga Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sandy, Ignatius
dc.contributor.advisor Tanara, Monika S.
dc.contributor.author Putri, Vania Arini
dc.date.accessioned 2018-05-22T03:25:14Z
dc.date.available 2018-05-22T03:25:14Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp35611
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5983
dc.description 4615 - FTI en_US
dc.description.abstract Gold’s Gym Braga adalah klub Gold’s Gym pertama di Bandung yang berlokasi di Braga Citywalk. Sejak April 2017, Gold’s Gym Braga mengalami kesulitan untuk merekrut anggota baru dan hanya mampu mencapai target anggota baru sekitar 60-70% dari target per bulan. Hal ini disebabkan oleh aktivitas marketing yang saat ini diterapkan masih kurang baik. Selain itu, Gold’s Gym Braga kurang mampu untuk mengenali kebutuhan dan keinginan pasar sehingga sulit untuk memberi solusi kepada konsumen saat melakukan penjualan. Untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap pemilihan gym, peneliti melakukan studi literatur dan berbagai proses wawancara. Berdasarkan faktor-faktor tersebut, disusun sebuah kuesioner untuk disebarkan pada konsumen yang belum dilayani dan sudah dilayani Gold’s Gym Braga. Dari hasil kuesioner, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap alat ukur yang digunakan. Alat ukur yang sudah valid dan reliabel dapat digunakan sebagai atribut proses segmentasi. Dalam penelitian ini, segmentasi dilakukan dengan menggunakan teknik KMeans Cluster. Hasil dari segmentasi menunjukkan bahwa pasar Gold’s Gym Braga terbagi menjadi lima segmen. Segmen 1 adalah konsumen yang cukup rutin berolahraga, memiliki motivasi yang tinggi, dan memiliki banyak kriteria tentang suatu gym. Segmen 2 adalah konsumen yang tidak terlalu rutin berolahraga, memiliki motivasi yang rendah, dan tidak memiliki kriteria tentang gym. Segmen 3 merupakan konsumen yang memilih gym berdasarkan pertimbangan sendiri, termotivasi tubuh sehat dan bugar, dan tidak mudah terhambat dalam melakukan olahraga. Segmen 4 adalah konsumen yang paling meluangkan waktunya untuk berolahraga, termotivasi tubuh kuat dan bugar, dan sangat mementingkan variasi dan performansi alat dan mesin. Segmen 5 adalah konsumen yang tidak terlalu meluangkan waktu untuk berolahraga, paling dapat terpengaruh ajakan orang lain dalam memilih gym, dan kurang memiliki pengetahuan mengenai olahraga. Usulan marketing mix ditujukan kepada segmen 1 dan 5 sebagai target pasar primer. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan bauran pemasaran berdasarkan analisis STP untuk meningkatkan penjualan Gold's Gym Braga Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013610170
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417086803
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account