Abstract:
Gold’s Gym Braga adalah klub Gold’s Gym pertama di Bandung yang berlokasi
di Braga Citywalk. Sejak April 2017, Gold’s Gym Braga mengalami kesulitan untuk
merekrut anggota baru dan hanya mampu mencapai target anggota baru sekitar 60-70%
dari target per bulan. Hal ini disebabkan oleh aktivitas marketing yang saat ini diterapkan
masih kurang baik. Selain itu, Gold’s Gym Braga kurang mampu untuk mengenali
kebutuhan dan keinginan pasar sehingga sulit untuk memberi solusi kepada konsumen
saat melakukan penjualan. Untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap
pemilihan gym, peneliti melakukan studi literatur dan berbagai proses wawancara.
Berdasarkan faktor-faktor tersebut, disusun sebuah kuesioner untuk disebarkan pada
konsumen yang belum dilayani dan sudah dilayani Gold’s Gym Braga. Dari hasil
kuesioner, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap alat ukur yang digunakan.
Alat ukur yang sudah valid dan reliabel dapat digunakan sebagai atribut proses
segmentasi. Dalam penelitian ini, segmentasi dilakukan dengan menggunakan teknik KMeans
Cluster. Hasil dari segmentasi menunjukkan bahwa pasar Gold’s Gym Braga
terbagi menjadi lima segmen. Segmen 1 adalah konsumen yang cukup rutin berolahraga,
memiliki motivasi yang tinggi, dan memiliki banyak kriteria tentang suatu gym. Segmen 2
adalah konsumen yang tidak terlalu rutin berolahraga, memiliki motivasi yang rendah,
dan tidak memiliki kriteria tentang gym. Segmen 3 merupakan konsumen yang memilih
gym berdasarkan pertimbangan sendiri, termotivasi tubuh sehat dan bugar, dan tidak
mudah terhambat dalam melakukan olahraga. Segmen 4 adalah konsumen yang paling
meluangkan waktunya untuk berolahraga, termotivasi tubuh kuat dan bugar, dan sangat
mementingkan variasi dan performansi alat dan mesin. Segmen 5 adalah konsumen
yang tidak terlalu meluangkan waktu untuk berolahraga, paling dapat terpengaruh ajakan
orang lain dalam memilih gym, dan kurang memiliki pengetahuan mengenai olahraga.
Usulan marketing mix ditujukan kepada segmen 1 dan 5 sebagai target pasar primer.